Airlangga Sempurnakan Poros Ekonomi Indonesia-Singapura

oleh -20 views

JAKARTA – Poros ekonomi Indonesia-Singapura terus disempurnakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Kerjasama ekonomi kedua negara memiliki banyak keuntungan bagi Indonesia. Terlebih Negeri Singa-julukan Singapura-tercatat banyak mengalirkan investasinya di Indonesia.

“Singapura menjadi mitra penting bagi Indonesia. Ada banyak kerjasama ekonomi yang dilakukan memberikan banyak keuntungan. Untuk itu, kerjasama yang ada akan ditingkatkan. Indonesia memiliki potensi sangat besar,” ungkap Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

Untuk mengoptimalkan potensi kerjasama, Airlangga pun berkunjung ke Singapura pada 12-14 Juli 2021. Airlangga pun diplot sebagai pemimpin Pertemuan Tingkat Menteri Enam Kelompok Kerja Bilatetal Singapura-Indonesia. Bergabung juga Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong. Airlangga dijadwalkan bertemu Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong.

“Indonesia memiliki perkembangan ekonomi yang bagus saat ini. Semua sektor bekerja positif, meski perekonomian global masih terkendala pandemi Covid-19. Kami optimistis kondisi akan terus membaik, sebab penanganan Covid-19 di Indonesia optimal dan program vaksinasi terus berjalan,” terang Airlangga.

Memiliki potensi besar, Singapura tercatat sebagai investor terbesar Indonesia pada kuartal I-2021. Dengan porsi 34% dari total investasi, Negeri Singa itu menggelontorkan US$ 2,6 miliar atau Rp 37,7 triliun dengan kurs Rp 14.500/USD. Nominal tersebut berkontribusi terhadap 3.634 proyek di tanah air. Jumlah tersebut lebih tinggi dari slot Tiongkok dengan US$ 1 miliar atau Rp 14,5 triliun.

Secara keseluruhan, penanaman modal asing (PMA) mencapai US$ 7,7 miliar di Indonesia pada kuartal I-2021. Angka yang setara dengan Rp 111,7 triliun itu naik 14% dibandingkan tahun lalu dalam periode yang sama. “Ada banyak isu yang dibicarakan. Sebab, ada potensi besar ekonomi yang bisa dikolaborasikan antara Indonesia dan Singapura,” tegas Airlangga.

Berada di Singapura, Airlangga mengikuti acara perdana Asia Tech x Singapore (ATxSG) Summit pada 13 Juli 2021. Acara tersebut diselenggarakan oleh Infocomm Media Development Authority (IMDA). Kemudian, ada sejumlah tokoh penting yang akan ditemuinya dalam kunjungan kerja 3 hari tersebut. Airlangga akan bertemu Wakil Perdana Menteri dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Heng Swee Keat.

Lebih lanjut, Airlangga juga bertemu dengan Menteri Senior dan Menteri Koordinator Bidang Sosial Tharman Shanmugaratnam dan Menteri Luar Negeri Dr Vivian Balakrishnan. Ada juga pertemuan dengan Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Kedua Dalam Negeri, dan Menteri yang bertanggung jawab atas Smart Nation dan Cybersecurity Josephine Teo.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.