Kedepankan Sisi Kemanusiaan, Golkar Bantu Bencana Kalsel dan Sulbar Rp4,75 Miliar

oleh -26 views

JAKARTA – Partai Golkar sangat responsif terhadap bencana yang muncul di tanah air beberapa waktu terakhir. Mengedepankan sisi kemanusiaan, Partai Golkar mengirimkan bantuan Rp4,75 Miliar ke wilayah bencana di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Sulawesi Barat (Sulbar). Bantuan tersebut sudah diserahkan langsung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di wilayah bencana, Jumat (22/1).

“Partai Golkar melalui cabang di sekitar lokasi bencana sudah menyalurkan bantuan sejak awal. Penyerahan bantuan yang sekarang secara simbolis,” ungkap Airlangga.

Bantuan diserahkan Airlangga kepada Badan Penanggulangan Bencana Partai Golkar. Selanjutnya, bantuan langsung didistribusikan ke lokasi bencana. Tim pertama bahkan sudah dikirim dan membuka Posko di wilayah Kalsel sekaligus Sulbar. Partai Golkar menyuplai makanan bagi 1.000 orang.

Lebih detail, untuk bantuan yang disalurkan kepada korban bencana di Kalsel terdiri 6 bahan makanan. Ada beras 4 Ton, 500 Kg gula pasir, lalu minyak goreng seberat 500 Kg. Bantuan lain berupa 2.000 butir telur, 500 Kardus mie instant, hingga 500 Kaleng sarden. Adapun bantuan bagi korban bencana di Sulbar terdiri masing-masing 200 pcs tikar dan terpal, selimut, juga popok. Bantuan lain berupa bahan makanan.

“Selain pusat, bantuan memang diberikan Kelompok Golkar di Sulbar dan Ikatan Istri Golkar. Secara bersama, Golkar terus bergerak. Kami tetap berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Partai, khususnya untuk memetakan kebutuhan para korban bencana di sana,” terang Airlangga yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Merespon kebutuhan korban bencana lainnya, Partai Golkar juga mengirimkan 2 unit mobil Ammdes (Alat Mekanis Multiguna Pedesaan). Unit mobil tersebut juga dilengkapi dengan alat penjernih air. Kedua unit mobil tersebut direncanakan sampai ke lokasi bencana dalam 5 hari ke depan. Semakin lengkap, Partai Golkar juga mengirim jenis bantuan lain.

Mengeliminir potensi sebaran Covid-19 di lokasi bencana Kalsel dan Sulbar, Partai Golkar juga mengalirkan 1.000 paket APF, 6.250 Antigen, dan 1.620 Karton Vitamin C. Ada juga tambahan sembako berupa 20 Ton beras, 150 Dus bakmi, 350 Dus air bersih, hingga paket berupa gula dan sarden.

“Kami mendengar seluruh kebutuhan korban bencana. Untuk itu, kami kirimkan mobil Ammdes hingga air mineral. Kehadiran mobil Ammdes akan sangat membantu karena di sana pasti membutuhkan air bersih untuk keperluan sehari-hari,” kata Airlangga juga notabene Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).(***)