Kementan Realisasikan Pembangunan Embung, Produktivitas Pertanian di Wajo Melesat

oleh -23 views

WAJO – Kementerian Pertanian (Kementan) merealisasikan pembangunan embung untuk Kelompok Tani Jarae di Desa Ciromani, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo, Sumatera Selatan. Keberadaan embung tersebut amat membantu petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian mereka.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menerangkan, embung merupakan upaya Kementan untuk menjaga pasokan air yang merupakan kebutuhan pokok dalam sistem pertanian. Sebagaimana diketahui, air merupakan kebutuhan mendasar yang keberadaannya amat vital dalam sistem pertanian.

“Air itu sangat vital dalam sistem pertanian. Agar pasokan air tak terganggu, embung ini direalisasikan. Sektor pertanian tak boleh terganggu oleh apapun, termasuk cuaca yang mempengaruhi distribusi air,” kata Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil menerangkan, embung berfungsi mengatur debit air ke areal lahan persawahan, baik di musim hujan maupun saat kemarau tiba. “Dengan embung, pertanian tak terganggu perubahan cuaca, baik saat musim hujan maupun kemarau. Air dapat terus mengaliri dengan baik ke areal persawahan milik petani,” papar Ali.

Embung juga bagian tak terpisahkan untuk menjaga tingkat produktivitas pertanian. Embung menjaga petani untuk dapat terus berproduksi dan meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) pertanian. “Produktivitas pertanian dan IP pertanian meningkat berkat embung. Memang embung ini adalah sarana menjaga produktivitas agar terus terjaga dengan baik,” papar Ali.

Direktur Irigasi Pertanian Ditjen PSP Kementan, Rahmanto menambahkan, embung yang dibangun untuk Kelompok Tani Jarae terbukti meningkatkan produktivitas pertanian mereka menjadi 5,5 ton per hektar dengan IP200. “Luas oncoran 25 hektar dengan dimensi 60x59x3,5. Produktivitas pertanian meningkat berkat embung ini,” kata Rahmanto.

Selain untuk tanaman pangan, Rahmanto menyebut embung juga dapat difungsikan untuk peternakan, perkebunan dan masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Ketua Kelompok Tani Jarae, Dalle mengucapkan terima kasih kepada Kementan. Berkat embung yang dibangun, selain produktivitas, tingkat kesejahteraan mereka juga meningkat. “Terima kasih atas pembangunan embung ini yang mana membuat pendapatan kami semakin meningkat,” papar dia.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.