Program RJIT Kementan Tingkatkan Pendapatan Petani Sukabumi

oleh -45 views

JAKARTA – Program Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) Kementerian Pertanian (Kementan) dirasakan betul manfaatnya oleh petani di tiga kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Berkat program tersebut, pendapatan petani mengalami peningkatan oleh karena produktivitas dan Indeks Pertanaman (IP) petani meningkat tajam.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menerangkan, air merupakan kebutuhan baku yang keberadaannya tak bisa terelakkan dalam sistem pertanian. Untuk itu, pasokan air yang baik harus diatur sedemikian rupa agar sawah petani dapat terus teraliri air dengan baik.

“Program RJIT ini mengatur distribusi air ke areal persawahan pertanian dengan baik. Dalam situasi dan kondisi apapun, pertanian kita sama sekali tak boleh terganggu,” kata Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil menambahkan, program RJIT direalisasikan untuk memastikan kebutuhan air di suatu daerah terdistribusi dengan baik. Dengan begitu, sawah-sawah petani dapat berkembang dengan baik dan menghasilkan produk yang baik pula.

“Program RJIT ini adalah bagian dari water management. Dengan program RJIT budidaya pertanian akan berjalan dengan baik,” terang Ali. Dikatakannya, program RJIT juga untuk memastikan produktivitas pertanian tetap terjaga. Ketika produktivitas terjaga, Ali optimistis tingkat kesejahteraan petani juga meningkat.

“”Melalui program RJIT ini kami menjamin pasokan air mengalir dengan baik sesuai yang dibutuhkan oleh petani,” tutur Ali. Ali melanjutkan, program¬†RJIT merupakan program yang disusun untuk mendukung tujuan pembangunan pertanian nasional yakni menyediakan pangan bagi seluruh rakyat, meningkatkan kesejahteraan petani dan menggenjot ekspor.

Direktur Irigasi Ditjen PSP Kementan Rahmanto menuturkan, program RJIT tak hanya berorientasi pada peningkatan produktivitas hasil pertanian semata, tetapi juga meningkatkan Indeks Pertanaman (IP), provitas pertanian dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan petani.

“Program RJIT ini berkaitan erat dengan kesejahteraan petani. Sebab, air merupakan faktor penting bagi petani dalam mengembangkan budidaya pertanian mereka,” tutur Rahmanto.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.