Punya Peran Penting, Peran Penyuluh di II No 16/2006 Dijelaskan Kementan

oleh -95 views

Jakarta – Sektor pertanian tidak bisa dipisahkan dari penyuluhan. Karena, penyuluhan turut memberikan pengetahuan kepada petani untuk bisa meningkatkan produktivitas.

Dinamika sistem penyuluhan sendiri tidak terlepas dari Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang SP3K dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan pembangunan pertanian berperan penting dalam pembangunan nasional.

“Pertanian adalah sektor terdepan saat ini. Sektor yang mampu menghadapi derasnya penyebaran Covid-19, disaat banyak sektor bertumbangan,” katanya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSMDP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan sektor pertanian sangat penting karena kontribusinya dalam pemenuhan kebutuhan pangan, memperluas lapangan kerja, meningkatkan devisa serta mengentaskan kemiskinan.

“Penyuluhan sebagai salah satu layanan untuk mewujudkan peran tersebut, diperlukan pelaku utama dan pelaku usaha yang berkualitas, andal, memiliki kemampuan manajerial, kewirausahaan serta dapat membangun usahatani yang berdaya saing dan berkelanjutan,” ujar Dedi Nursyamsi.

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan menjadi pendekatan dan strategi pelaksanaan sistem penyuluhan pertanian di era otonomi daerah.

Namun, dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mengamanatkan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, yang kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 40/Permentan/OT.010/08/ 2016 tentang Pemetaan Urusan Pemerintahan Bidang Pangan dan Bidang Pertanian dan Permentan Nomor 43/Permentan/OT.010/08/2016 tentang Pedoman Nomenklatur, Tugas dan Fungsi Dinas Urusan Pangan dan Dinas Urusan Pertanian Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pedoman Pembentukan dan Klasifikasi Cabang Dinas dan Unit Pelaksana Teknis Daerah, terjadi perubahan implementasi pelaksanaan sistem penyuluhan di daerah.

Sehingga sistem penyuluhan pertanian di Indonesia diselenggarakan dengan cara bekerjasama antara pemerintah dan pemerintah daerah sesuai dengan era otonomi daerah, dimana pemerintah daerah mempunyai wewenang yang lebih besar untuk mengatur sistem penyuluhan pertanian di wilayahnya

“Secara tidak langsung memberikan dampak terhadap perubahan sistem penyuluhan pertanian di daerah. Hal ini terlihat dari semua kelembagaan penyuluhan provinsi dan kabupaten/kota fungsinya diintegrasikan ke dalam Dinas Urusan Pertanian,” ungkap Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Leli Nuryati.

Hal ini mengakibatkan beragamnya struktur organisasi kelembagaan yang menangani sistem penyuluhan pertanian sehingga dalam pelaksanaan pendampingan program kegiatan Kementerian Pertanian menjadi sangat beragam.

Sementara itu, pemerintah melalui Menteri Pertanian bertanggungjawab hanya pada penyusunan dan manajemen strategi, kebijakan nasional dan standar sistem penyuluhan pertanian.

Tetapi, pada hakikatnya, Undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (SP3K) dan tidak bisa dilepaskan dari keterkaitan sub sistem kelembagaan penyuluhan, kelembagaan petani, ketenagaan, penyelenggaraan, sarana dan prasarana, serta pembiayaan yang saling terkait dan mendukung.

Di tengah dinamika sistem penyuluhan pertanian di daerah dalam kerangka Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang SP3K dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka sangat diperlukan media untuk dapat menggali kondisi faktual di lapangan.

Untuk itu Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhtan), Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) akan melaksanakan Webinar Nasional dengan tema “Tantangan dan Perspektif Implementasi Sistem Penyuluhan Pertanian Berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 di era Undang – Undang 23 Tahun 2014″.(EZ)

No More Posts Available.

No more pages to load.