Tingkatkan Produksi, Poktan di Jambi Dapat Bantuan Alsintan

oleh -53 views

JAMBI – Untuk meningkatkan produksi pertanian, kelompok tani (Poktan) Sei. Kemang, Desa Teluk Panjang, Kecamatan Bathin III, Kabupaten Bungo, Jambi mendapat bantuan alat mesin pertanian (alsintan). Bantuan yang diberikan berupa hand tractor yang diperuntukkan untuk pengolahan lahan bulan ini.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan bahwa inovasi, teknologi, dan mekanisasi, sudah harus diterapkan dalam pertanian. Cara-cara lama dalam bertani yang dilakukan secara manual dan konvensional harus ditinggalkan. Manfaatkan alsintan yang tersedia untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

“Kita di Kementerian Pertanian akan terus mendorong agar petani Indonesia semakin maju, semakin mandiri, dan tentunya modern. Untuk mendukung hal ini, tentu penggunaan alsintan tidak bisa dikesampingkan,” tegas Mentan SYL, Rabu (9/12).

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhy menambahkan, dengan Alsintan juga bisa mengurangi biaya produksi hingga 30%. Proses pengembangan lahan pertanian menggunakan Alsintan dapat berjalan lebih cepat.

“Selain itu, biaya produksi yang dibutuhkan juga bisa berkurang cukup banyak,” kata Sarwo Edhy.

Terbukti, setelah mendapat bantuan Alsintan, petani di berbagai daerah mampu memangkas biaya produksi hingga 30% dibandingkan sebelumnya. Di samping itu, petani juga tidak perlu mencari dan memberi upah bagi buruh yang diminta untuk mencangkul sawah.

“Hal ini dikarenakan traktor sudah dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam kurun waktu lebih singkat,” tambah Sarwo Edhy.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Muhammad Hasbi mengatakan, seiring dengan pembangunan pertanian secara umum, penanganan sarana dan prasarana pertanian memegang peranan penting dan merupakan bagian integral sebagai pendukung pembangunan pertanian secara keseluruhan.

“Kami mengharapkan kelompok tani Sei. Kemang agar dapat memanfaatkan, menggunakan serta memilhara bantuan yang telah diberikan pemda, sehingga dapat meningkatkan hasil produksi demi kesejahteraan masyarakat desa,” ujar Muhammad Hasbi.

“Selain itu, salah satu bentuk upaya pemerintah untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian adalah melalui mekanisasi,” tambah Muhammad Hasbi.

Kelompok tani Se. Kemang merasa sangat berterima kasih kepada pemda khususnya dinas TPHP Kab. Bungo atas bantuan yang telah diberikan.

“Adanya bantuan seperti ini memang sudah diharapkan oleh para petani yang tergabung dalam kelompok tani Sei. Kemang. Selain untuk meningkatkan produktivitas,, alsintan ini nantinya akan dikelola dalam bentuk Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA),” ucap Ketua Kelompok tani Zainal Abidin.

Kegiatan penyaluran bantuan tersebut sudah saatnya untuk dapat digenjot untuk dapat meningkatkan produktivitas di tingkat petani, dimana nantinya berkontribusi terhadap peningkatan peran sektor pertanian.