Tutup Sementara Saat PPKM Darurat, Penginapan Agrowisata Gunung Mas Bogor Tetap Buka dengan Pembatasan

oleh -28 views

BOGOR – Pemerintah telah memutuskan untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai 3-20 Juli 2021. Seluruh kegiatan masyarakat dibatasi. Pusat perbelanjaan, tempat hiburan dan destinasi wisata ditutup sementara. Mematuhi anjuran pemerintah, management Agrowisata Gunung Mas Bogor menutup sementara aktivitas mereka selama PPKM Darurat berlangsung.

Manager Agrowisata Gunung Mas, Hikmat Eka Karyadi menegaskan, destinasi wisata yang dikelolanya mendukung penuh upaya pemerintah memberlakukan PPKM Darurat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang semakin merebak di Indonesia.

“Tentu kami mendukung penuh pemberlakuan PPKM Darurat. Itu semua demi kepentingan dan keselamatan kita bersama. Saya mengimbau kepada semua pihak untuk menaati aturan pemerintah dan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” kata Eka dalam keterangan resminya, Sabtu (3/7/2021).

Agrowisata Gunung Mas, Eka melanjutkan, juga semakin memperketat protokol kesehatan bagi wisatawan yang menginap. Sebagaimana diketahui, meski ditutup sementara, namun Eka menegaskan Agrowisata Gunung Mas Bogor tetap menerima tamu yang datang hendak menginap. “Kami tetap menerima tamu dengan pembatasan 50 persen dari kapasitas tersedia. Di sisi lain, kami juga memperketat protokol kesehatan baik kepada karyawan maupun kepada tamu yang datang berkunjung,” kata Eka.

Eka berharap pandemi Covid-19 segera berlalu dan masyarakat dapat beraktivitas normal kembali. Dengan begitu, kondisi perekonomian nasional pun dapat segera pulih. Untuk itu, satu-satunya upaya untuk memutus mata rantai Covid-19 adalah dengan memperketat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kita berharap pandemi Covid-19 dapat segera berlalu, sehingga aktivitas bisa kembali berlangsung normal. Mari kita disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah,” ajak Eka.

Eka menegaskan jika obyek wisatanya telah menerapkan protokol kesehatan berbasis cleanliness, healthy, safety and environmental (CHSE). Sebagaimana diketahui, Agrowisata Gunung Mas merupakan salah satu tempat piknik yang berada di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Tempat wisata yang dikelola PT Perkebunan Nusantara VIII ini memiliki perkebunan teh terluas di kawasan Puncak.

Obyek wisata yang mengusung tagline refreshing and sport ini juga menawarkan beberapa paket wisata menarik yang patut Dicoba. Sebab banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan, kami merangkumnya dalam sebuah to do list. Berikut 7 hal yang bisa dilakukan di Gunung Mas:

1. Tea Time dan Pisang Goreng

Selepas membayar tiket masuk Rp15.500/orang, pengunjung bisa menukarkan tiket dengan sebungkus Teh Walini di Front Office Agrowisata Gunung Mas. Pengunjung juga bisa menikmati tea time sambil menyantap pisang goreng di Tea Corner atau Tea Cafe untuk menghangatkan suhu tubuh.

2. Tea Walk

Tea Walk merupakan signature wisata andalan Gunung Mas. Jika ingin merasakan suasana berjalan di tengah hamparan kebun tah Puncak, maka Gunung Mas pilihan yang tepat. Ada tiga rute yang biasa digunakan saat Tea Walk, yakni rute 4 km, 6 km, 8 km, dan 10 km. Wisatawan juga akan ditemani seorang pemandu yang bakal memaparkan informasi seputar teh di Gunung Mas ketika berjalan di perkebunan teh.

3. Berkuda

Sama seperti Tea Walk, ada tiga rute berkuda yang dapat dipilih, yaitu rute 30 menit, satu jam, dan dua jam. Pemilihan rute juga berpengaruh terhadap harga sewa. Anda bisa merasakan sensasi menjadi koboi dadakan saat menunggangi Kuda Sumbawa sambil mengelilingi perkebunan teh.

3. Off Road dan ATV

Puas menunggangi kuda, tak ada salahnya mencoba menunggangi kuda mesin. Pengunjung bisa mengelilingi kebun teh dengan menggunakan kendaraan mobil off road atau ATV.

4. Berenang

Selepas bertualang, pengunjung bisa merebahkan badan di kolam renang Tirta Mas. Untuk bisa menikmati fasilitas ini, pengunjung cukup membayar Rp5.000/orang dan gratis bagi yang menginap.

5. Kemah atau Bermalam di Pondokan

Terdapat fasilitas penginapan berbagai tipe di Gunung Mas, antara lain tipe hotel, tipe bungalow, tipe pondokan, tipe rumah kayu kelapa, dan tipe pangrango. Ada pula camping ground di tengah-tengah areal perkebunan teh. Tempat ini khusus disediakan bagi pelancong yang gemar berkemah di alam terbuka. Pengelola juga menyediakan berbagai jenis tenda untuk disewakan.

6. Gantole

Tak sedikit orang yang kerap menyebut Gunung Mas sebagai Bukit Gantole. Ini membuktikan jika permainan gantole begitu identik dengan Gunung Mas. Ya, permainan gantole ini menjadi salah satu kegiatan wisata favorit lainnya di Gunung Mas.

7. Oleh-Oleh Madu dan Teh

Puas plesiran, saatnya membawa oleh-oleh. Pengunjung bisa membeli oleh-oleh di khas Gunung Mas di Tea Corner atau berkunjung ke komplek pekerja perkebunan teh di bagian belakang. Di sana ada beberapa jenis madu dan teh khas Gunung Mas.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.