Mengenal Andrew Doppo : Berawal dari Hobi, Menjadi Instructor dan Kini Punya Sekolah Freedive Profesional

oleh -389 views

Freediving bukan hanya sebatas hobby bagi Andrew Doppo. Pria Asal Kecamatan Malalayang, Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara ini begitu menggeluti olahraga yang masuk kategori ekstrem ini sejak tahun 2017 lalu itu, kini sudah menjadi bermanfaat untuk orang banyak.

Kini pria yang biasa disapa Doppo itu sudah menjadi Instruktur Freedive profesional. “Saya sangat bersyukur kini sudah bermanfaat ilmu ini. Saya ingin semakin banyak yang menggeluti freedive. Saya sudah siap lahir batin menularkan ilmu ini kepada siapapun,” ujar pria yang lahir di Manado, 29 Desember 1992.

Lebih lanjut Doppo mengatakan, freediving merupakan hobi atau kegiatan menyelam tanpa menggunakan alat bantu pernapasan dengan membutuhkan keahlian khusus. freediver dapat menyelam jauh ke dalam laut sesuai kemampuan sambil menahan napas.

Doppo menyebut kecintanya terhadap laut menjadi alasan awal dia memilih freediving.
“Semua ini tumbuh dan terwujud karena kecintaan saya terhadap laut dan sangat ingin men-challenge diri sendiri dengan cara freediving. Dan akhirnya aku bersyukur dari hobi freediving bisa jadi profesi sebagai instruktur freedive”, ungkap pria yang belum menikah ini.

Saking menekuni, Doppo bahkan saat ini mempunyai sekolah Freedive di Indonesia bernama Seaddicted Indonesia (instagram Seaddicted.freediving). Sekolah freediving tersebut lokasi homebasenya di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara.

“Sekolah freedive saya basenya di Manado nama sekolahnya Seaddicted Indonesia. Bisa liat-liat Instagramnya @seaddicted.freediving. Silahkan jika ada yang ingin bergabung bisa bersama kami di sekolah ini,” ujar Doppo yang juga merupakan Underwater photographer.

Olahraga freediving juga menjadi ajang kompetisi bagi penyelam. Berprofesi sebagai instruktur freedive menghantarkan Andrew hingga ke tingkat Nasional bahkan internasional. “Biasa ke luar daerah untuk Trip sekolah, mengajar, dan kompetisi. Saya sangat mencintai ini,” tandasnya.

Selain sebagai hiburan dan kompetisi, freediving juga bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran fisik, freediving dapat meningkatkan kemampuan fisik melalui latihan anaerobik. Pelatihan menahan keadaan kekurangan oksigen ringan diketahui memiliki efek positif dalam sistem fisiologis tubuh.

Freediving juga dapat meningkatkan kesehatan mental dengan meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengelola stres, sehingga lebih fokus dan sadar. “Dan Freedive juga merupakan sport tourism yang sangat baik dan cocok di Indonesia, karena Indonesia merupakan negara kepulauan, negara yang bentangan pantainya panjang, memiliki ribuan pulau, dan tentunya alam laut yang indah dan original karunia Tuhan. Jadi tidak akan pernah menyesal belajar dan mencintai Freedive sejak dini,”pungkas Doppo.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.