14th Nongsa Cup Tegaskan Posisi Batam Sebagai Destinasi Home of Golf International

oleh -169 views

BATAM – Batam menegaskan status destinasi home of golf level internasional. Usai Bridgestone ASEAN Amateur Open 2019, kini event lain siap digulirkan. Event yang ditawarkannya, 14th Nongsa Cup Golf Tournament 2019. Edisi ke-14 tersebut akan ditargetkan diikuti minimal 300 golfer asing.

14th Nongsa Cup Golf Tournament 2019 digelar 20-21 Oktober. Venuenya ada 3, seperti Tering Bay, Palm Spring, dan Batam View Resort di Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Hingga pekan kemarin, peserta yang bergabung ada 240 golfer asing. Paspor mereka diantaranya, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Taiwan, Jepang, hingga beberapa negara Eropa. Beberapa golfer lokal juga bergabung di sini.

“Nongsa Cup Golf Tournament tahun ini memasuki edisi 14. Event ini sudah 14 tahun. Event ini selalu menjadi agenda tahunan para golfer mancanegara. Kami optimistis, target 300 peserta akan terpenuhi. Sebab, pekan kemarin sudah diangka 240 peserta. Dan, event ini akan berpengaruh terhadap okupansi,” ungkap General Manager Batam View Beach Resort Anddy Fong, Sabtu (12/10).

Rutin menggelar program sport tourism, Batam View menikmati lonjakan okupansi 10% di 2018. Rata-rata pengunjung berasal dari Singapura, Malaysia, Tiongkok, India, hingga Taiwan. Kadisbudpar Kota Batam Ardiwinata mengatakan, pergerakan wisman akan terus naik. Sebab, Batam memiliki pansa pasar bagus untuk program golf.

“Batam memiliki pasar kuat untuk program sport tourism, khususnya golf. Setiap ada event golf di sini peminatnya tinggi. Menariknya, peserta tidak datang sedirian. Mereka membawa serta keluarga hingga koleganya. Hal ini tentu bagus bagi pariwisata Batam, khususnya industrinya. Dan, kami optimistis ada pergerakan wisman signifikan pada 14th Nongsa Cup Golf Tournament,” kata Ardiwinata.

Pergerakan wisman di Batam sangat kompetitif per bulannya. Pada bulan Agustus 2019, pergerakan arus wisman mencapai 184.077 wisman. Angka ini naik 15,61% dari bulan sama tahun sebelumnya. Sebab, di Agustus 2017 pergerakan wismannya hanya 159.218 orang. Saat ini pergerakan wisman di Batam selama periode Januari-Agustus 2019 berjumlah 1,27 Juta orang. Dominasinya wisman Singapura hingga 46,68%.

“Pergerakan wisman di Batam semakin kompetitif saja. Singapura masih menjadi pasar utama mereka. Dengan program 14th Nongsa Cup Golf Tournament, pergerakan wisman akan semakin positif. Apalagi, event ini ditawarkan menarik. Para golfer mancanegara juga sudah tahu beragam value lain yang bisa dinikmati selama di Batam,” ujar Kadispar Kepri Boeralimar.

Beragam tawaran menarik diberikan oleh 14th Nongsa Cup Golf Tournament. Event ini menyediakan total hadiah SGD55.000. Venuenya melibatkan beberapa spot golf terbaik di Batam. Sebut saja, Palm Springs Golf & Country Club. Venue ini memiliki 27 hole dengan luasan area 274 Hektar. Fitur alaminya diantaranya palm dan vegetasi mangrove.

Batam juga memiliki Tering Bay Nongsa dengan 18 hole dan 72 par. Dengan fasilitas bintang 5, panjang ‘lintasannya’ mencapai 6.200 Meter. Secara keseluruhan, Batam total memiliki 7 spot golf internasional. Selain Palm Spring dan Tering Bay, ada juga Indah Puri Golf Sekupang dan Tamarin Santana. Spot lain adalah, Southlinks Country Club, Padang Golf Sukajadi, hingga Batam Hills.

“Kami optimistis penyelenggaraan 14th Nongsa Cup Golf Tournament akan sukses besar. Sebab, sukses besar sebelumnya dinikmati Bridgestone ASEAN Amateur Open 2019. Selain hadiah dan fasilitas, event ini memberikan banyak hal menarik melalui paketnya. Dengan paket, mobilitas peserta dan lainnya akan semakin efektif,” tegas Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Event 14th Nongsa Cup Golf Tournament menawarkan paket 2D1N. Harganya adalah SGD328 untuk single, adapun twin dibanderol SGD288. Dengan harga itu, peserta bisa menikmati fasilitas menginap 1 malam di Batam View. Paket tersebut juga termasuk tiket Ferry Singapure-Nongsa (PP), 18 holes golf, makan siang, gala dinner, lucky draw, dan transportasi lokal.

“14th Nongsa Cup Golf Tournament sangat menarik. Dengan paket wisatanya, peserta bersama keluarga atau koleganya tinggal fokus bertanding sembari berlibur. Mereka juga bisa menikmati city tour. Sebab, Batam menawarkan beragam aktivitas. Jadi, silahkan datang ke Batam,” papar Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Menikmati city tour, Batam menawarkan banyak destinasi menarik. Sebut saja, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah II dan Jembatan Barelang. Ada juga destinasi Welcome to Batam, Masjid Cheng Ho, dan Miniatur Rumah Mini. Mereka juga bisa mengunjungi Nagoya Hill atau Nagoya Lama hingga Kedai Oleh-Oleh Batam. Semakin menarik, Batam juga memiliki program great sale di 9 mall-nya.

“Datang ke 14th Nongsa Cup Golf Tournament bukan sekedar berkompetisi. Peserta bisa menikmati beragam sisi lain menarik dari Batam. Mereka itu bisa berkunjung ke destinasi atau menikmati wisata belanja. Apalagi, program Batam Great Sale masih berlaku hingga akhir Oktober. Di sana ada diskon sangat menarik,” tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang juga Menpar Terbaik ASEAN.(*)