Tari Sarung Karung SMPN 32 Kota Bekasi Sabet Juara I Festival Kreativitas Tari 2021

oleh -73 views

JAWA BARAT – Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas),20 mei 2021.
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Bekasi Menyelenggarakan Lomba Kreatifitas siswa FLS2N secara virtual di Tingkat kota Bekasi.

SMPN 32 Kota Bekasi dengan kepala sekolah Hj. Yeti Eka Sumiati, S.pd, MM, menyabet juara I lomba Tari Kreasi . Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2021 secara virtual .yang kejuaraannya diumumkan lewat YouTube pada Tgl 25 mei 2021.

Pada event tersebut, SMPN 32 Kota Bekasi membawakan kreativitas Tari Sarung Karung karya Hj Dini Irma Damayanthi Gunawan. Tari Sarung Karung diperankan oleh lima penari dengan karakter gembira dan lincah disertai dengan alunan musik energik dan tempo yang dinamis.

“Hal itu untuk mempertegas setiap gerak dan ekspresi penari, sehingga garapan tari ini lebih memiliki karakter ekspresif dan inovatif,” kata Dini, selasa (25/5/2021). Ya, tarian yang diperankan oleh Ghaitsa Zahira Shofa, Keyshi Lovly Nadam, Najla Safira Balqis, Detri dan Reva itu memang amat energik.

Di awal tarian, seorang penari tampak mencari dan memanggil teman-temannya untuk bermain. Ketika bertemu, dengan seruan penerapan protokol kesehatan mereka pun langsung bergerak lincah dan energik dengan media sarung yang dikaitkan dengan karung yang dikibaskan ke sana ke mari.

Menurut Dini, Sarung Karung dibuat seenergik mungkin mulai dari gerak hingga musik untuk menunjukkan semangat kebangkitan, lomba tersebut bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).

“Di masa pandemi Covid-19 ini tari ini merepresentasikan kebangkitan untuk melalui situasi sulit ini. Jadi, meski masa pendemi melanda, kreativitas kita tetap harus terbangun agar tak terpuruk oleh keadaan,” terang Dini.

Menurut Dini, momentum ini juga bisa dimaknai sebagai bangkitnya kreasi seni tari setelah sekian lama terdampak oleh pandemi Covid-19. “Ini adalah momentum kebangkitan kesenian Indonesia, khususnya seni tari yang di masa pandemi ini terdampak Covid-19,” tutur dia.

Ya, pandemi Covid-19 serasa menutup ruang kreativitas kesenian yang biasanya ditampilkan di ruang-ruang publik. Meski ditampilkan secara daring, namun kreativas yang terpacu tak kalah inovatif dibanding pertunjukkan langsung.

“Kami ingin mengabarkan bahwa kreativas tak bisa terhalang oleh apapun dan siapapun. Hal itu terbukti dengan keluarnya SMPN 32 Kota Bekasi sebagai juara I pada ajang¬†Festival Kreativitas Tari,” ini menjadi prestasi kebanggan bagi yang menyadari akan pentingnya menghadirkan budaya dan nilai kearifan lokal, ujarnya.

Tari Sarung Karung ini didukung oleh beberapa insan kreatif selain Dini, di antaranya Hj Hijriah Fitri Ningsih sebagai pelatih, Suport Music Ega Robot Pecusion,Editing Gina Fitri dan Winiar Garnea, penata kamera Habib, Fakhri Lutfirahman sebagai editor, juga Ade Rostien sebagai penata rias dan busana.(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.