361 Poktan di Majalengka Dapat Bantuan Alsintan

oleh -118 views

MAJALENGKA – Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan alat mesin pertanian (Aslintan) kepada petani di Majalengka, Jawa Barat. Sebanyak 361 Kelompok Tani (Poktan) di 162 Desa pada 26 Kecamatan masing-masing mendapat bantuan 1 unit Alsintan.

Ada sembilan jenis Alsintan yang dibagikan ke mereka. Secara rinci diantaranya Traktor Roda empat sebanyak 6 unit, Combine Harvester sebanyak 12 unit, Traktor Roda dua sebanyak 56 unit, Rice Transplanter sebanyak 5 unit, Pompa Air sebanyak 87 unit, Cultivator sebanyak 34 unit, Power Thresher sebanyak 69 unit, Corn Sheller sebanyak 43 unit dan Hand Sprayer sebanyak 49 unit.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, Alsintan saat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan pertanian. Hal ini dikarenakan melalui teknologi tepat guna, petani dapat lebih efisien dalam meningkatkan hasil panen.

Peran Alsintan tidak hanya mendukung proses budidaya maupun pasca-panen, tetapi juga beragam pengembangan proses hasil panen menjadi produk pangan tambahan.

“Tentu saja, transformasi teknologi bagi para petani ini berjalan lebih efektif, hemat waktu, serta lebih ramah lingkungan. Dalam waktu singkat, petani dapat meningkatkan kesejahteraannya,” ujar Mentan SYL, Rabu (16/12).

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhy menambahkan, dengan Alsintan juga bisa mengurangi biaya produksi hingga 30%. Proses pengembangan lahan pertanian menggunakan Alsintan dapat berjalan lebih cepat.

“Selain itu, biaya produksi yang dibutuhkan juga bisa berkurang cukup banyak,” kata Sarwo Edhy.

Terbukti, setelah mendapat bantuan Alsintan, petani Majalengka mampu memangkas biaya produksi hingga 30% dibandingkan sebelumnya. Di samping itu, petani Majalengka juga tidak perlu mencari dan memberi upah bagi buruh yang diminta untuk mencangkul sawah.

“Hal ini dikarenakan traktor sudah dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam kurun waktu lebih singkat,” tambah Sarwo Edhy.

Penyerahan Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan Bupati Majalengka kepada perwakilan Kelompok Tani di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3). Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), Iman Firmansyah mengatakan, bantuan Alsintan berasal dari Kementerian Pertanian RI tahun Anggaran 2020.

“Ini untuk meningkatkan kesejahteraan petani dengan penggunaan Alsintan tersebut dapat mempersingkat waktu pengolahan tanah, mempercepat penanaman serta dapat mempercepat waktu tanam dan juga panen,” kata Iman.

Adapun penerima bantuan tersebut ditujukan kepada Kelompok Tani dengan simbolis akan diberikan kepada perwakilan sebanyak 26 orang dari 26 Kecamatan se-Kabupaten Majalengka.

Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengatakan bantuan ini bertujuan untuk membantu para petani guna meningkatkan produktivitas pertanian meskipun dalam situasi Pandemi Covid-19

“Masyarakat agar tidak berkurang spiritnya dalam mengolah pertanian, sehingga Pemerintah selalu terus berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat khusunya para petani agar para petani semakin bisa produktif dalam mengolah pertanian,” kata Karna Sobahi.

No More Posts Available.

No more pages to load.