Kemenparekraf Sosialisasi Protokol Kesehatan Bersama Disparekraf DKI Jakarta Melalui Staycation #DiIndonesiaSaja

oleh -99 views

JAKARTA – Industri pariwisata terus dipulihkan Kemenparekraf di fase transisi New Normal pandemi Covid-19. Mendorong staycation #DiIndonesiaSaja, market lokal pun terus diperkuat pertumbuhannya. Treatmentnya melalui program Pesta Jakarta #BeliKreatifLokal, 20-21 Juni 2020. Lokasinya di Mall Grand Indonesia, Jakarta. Sedikitnya ada 5 konten yang bisa dinikmati pengunjung.

“Pesta Jakarta #BeliKreatifLokal ini menjadi energi luar biasa. Sebab, industri pariwisata di Jakarta akan digerakkan kembali. Di situ ada aktivitas ekonomi yang besar melalui fesyen, kuliner, hingga kriya. Kami juga mendorong pilihan Staycation di seputaran zonasi DKI Jakarta,” ungkap Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya, Kamis (18/6).

Menikmati liburan ternyata cukup #DiIndonesiaSaja. Pesta Jakarta #BeliKreatifLokal menjadi event luar biasa. Sebab, menjadi motor penggerak kembali perekonomian masyarakat dari lingkungan terdekat dari aktivitas pariwisata dan ekonomi kreatif. Melakukan aktivasi kembali industri belanja dan kuliner lokal. Lebih lanjut, normalisasi mobilitas masyarakat secara menyeluruh pascakebijakan social distancing.

Menggunakan momentum HUT Jakarta, Senin (22/6), Pesta Jakarta #BeliKreatifLokal mengusung tema besar ‘Staycation, Shopping, Kuliner, hingga Theme Park’. Untuk promosi Staycation difokuskan kepada destinasi Jakarta. Sebab, Ibu Kota Negara Indonesia tersebut memiliki destinasi alam, buatan, hingga wisata belanja yang luar biasa. Secara umum, event ini membidik target pasar keluarga hingga woman focus.

“Program ini menjadi kolaborasi Kemenparekraf dengan Disparekraf DKI Jakarta. Aktivitas masyarakat harus dinormalisasi sesuai protokol kesehatan. Aktivitas bisnis di pusat perbelanjaan, restoran, dan hotel harus digerakkan. Melalui event ini, kami juga ingin memberikan pesan selalu bangga dengan produk buatan Indonesia. Untuk membeli produk kreatif lokal juga cukup di Indonesia saja,” terang Nia lagi.

Menawarkan beragam inspirasi, Pesta Jakarta #BeliKreatifLokal menawarkan konten-konten terbaiknya. Sebut saja, Consumer Selling, Staycation Experience by KOL, dan Special Activation on e-Commerce. Ada juga Kerjasama Mitra hingga Mini Stage & Exhibition dengan fokus Show Case. Mengeksplorasi pasar, Consumer Selling digelar 20-21 Juni 2020 di Mall Grand Indonesia.

Consumer Selling menawarkan konsep 2-Day Mini Festival With Online-Offline. Format tersebut lalu dikolaborasikan dengan Concept in One Big Mall in Jakarta. Untuk Staycation Experience by KOL, akan melibatkan 3 influencer. Komposisinya 1 orang yang fokus di Lifestyle dan 2 nama penggerak traveler. Menguatkan branding event, para influencer ini juga wajib melakukan promosi di media sosialnya.

“Consumer Selling lebih menitikberatkan pada sosialisasi, tidak ada penjualan. Beberapa destinasi sudah siap diaktivasi. Untuk aktivitas KOL ini lebih bersifat mengajak dan mengedukasi masyarakat. Harapannya, mereka ini tetap menjalankan protokol kesehatan. Nantinya anjuran ini akan ditampilkan secara khusus melalui video, termasuk disounding oleh host,” katanya.

Pesta Jakarta #BeliKreatifLokal dijamin semakin meriah dengan Special Activation on e-Commerce. Ada beberapa brand besar di sini, seperti Shopee, BliBli, Gojek, Grab, Tokopedia, dan BukaLapak. Program ini menawarkan 1-hour online sale bersamaan dengan live stage sale di mall. Promo kodenya #belikreatif lokal disertai diskon besar-besaran untuk produk dalam negeri.

“Pengunjung dijamin puas menikmati wisata belanja di Pesta Jakarta #BeliKreatifLokal. Sebab, produk lokal memiliki keunikan tersendiri dengan kualitas terbaik. Lebih penting lagi, akan ada diskon besar di sana. Jadi, momentum ini harus dimanfaatkan. Silahkan bergabung di Pesta Jakarta #BeliKreatifLokal,” jelas Nia lagi.

Lebih lanjut, pengunjung juga bisa menikmati beragam fasilitas terbaik dari mitra Kemenparekraf. Sebab, Bank BRI menjanjikan diskon kartu debit/kredit untuk belanja beragam produk lokal dan kuliner. Untuk Pertamina juga memberi diskon besar pengisian bahan bakar mobil pribadi. Syaratnya, menunjukan struk belanja dari aktivitas transaksi Pesta Jakarta #BeliKreatifLokal.

Sama seperti lainnya, program khusus juga ditawarkan Gojek. Ada program payment system hingga free delivery untuk pembelian produk lokal terdaftar. Ada juga go food-kuliner-delivery focus. Untuk Mini Stage & Exhibition dengan fokus Show Case akan melibatkan 10 tenant. Komposisinya industri kreatif lokal, hotel, theme park, dan exclusive partners.

Mini Stage & Exhibition dengan fokus Show Case setiap harinya open mulai 14.00-16.00 WIB. Di situ ada aktivitas Online Sale untuk produk ekonomi kreatif dan presale booking akomodasi hingga tiket theme park. Secara khusus aktivitas tersebut juga bisa disimak melalui Youtube, Instagram, juga Zoom. Nia pun menegaskan, keamanan pengunjung tetap menjadi prioritas.

“Konten-konten yang ditawarkan sangatlah menarik. Terlepas dari itu, kami tetap menjamin keamanan pengunjung selama berada di area event. Kami jalankan protokol kesehatan New Normal secara penuh. Untuk itu, sikap proaktif pengunjung juga diperlukan. Mereka harus datang sesuai dengan standard yang ditetapkan pemerintah, minimal mengenakan masker dan berbusana lengan panjang,” tegasnya.(*)