Kementan Bantu Pertanian Konawe dengan Alsintan

oleh -68 views

SULAWESI TENGGARA – Upaya untuk memodernisasi pertanian terus dilakukan Kementerian Pertanian. Termasuk di Konawe, Sulawesi Tenggara. Untuk mewujudkan hal itu, Kementerian Pertanian melalui Ditjen PSP menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian.

Bantuan alsintan yang diberikan Ditjen PSP Kementerian Pertanian berupa 3 unit traktor roda 2 dan 20 unit mesin pompa.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap bantuan alsintan ini bisa dimaksimalkan petani.

“Ada 2 tujuan kita memberikan bantuan alsintan. Pertama jelas untuk meningkatkan produksi pertanian. Dan kedua adalah untuk membantu serta mempercepat modernisasi pertanian untuk mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern,” katanya, Kamis (3/12/2020).

Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengutarakan hal serupa. Menurutnya, disaat pertanian telah memasuki industri 4.0, mekanisasi dan modernisasi pertanian tidak bisa dihindari.

“Salah satu ciri pertanian modern adalah memanfaatkan mekanisasi. Memanfaatkan alsintan. Hal ini yang akan terus kita dorong agar petani Indonesia semakin mandiri dan modern,” katanya.

Sarwo Edhy menjelaskan, alsintan bisa membantu aktivitas pertanian dari hulu hingga hilir.

“Ada beberapa alasan mengapa alsintan penting. Pertama karena bisa meningkatkan produktivitas pertanian. Sebab, dengan alsintan losses juga bisa ditekan,” katanya.

Alasan kedua, alsintan bisa mempermudah kerja petani.

“Dengan alsintan, pekerjaan petani akan jauh lebih efisien dan lebih hemat biaya produksi. Selain itu, alsintan bisa dimanfaatkan untuk olah lahan hingga pasca panen dan packaging,” jelasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.