Kementan Dukung Pertanian Lombok Tengah dengan Pembangunan Embung

oleh -34 views

NUSA TENGGARA BARAT – Kementerian Pertanian memberikan dukungan untuk pertanian di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Dukungan yang diberikan berupa kegiatan padat karya pembagunan embung.

Embung yang dibangun oleh Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, dilakukan di Desa Sukadane, Kecamatan Pujut, LomboTengah oleh Kelompok Tani Karya Mandiri yang diketuai Banggit.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan embung adalah bagian dari kegiatan padat karya.

“Sebagai kegiatan padat karya, embung diharapkan bukan hanya bisa meningkatkan produktivitas pertanian. Tetapi juga meningkatkan pendapatan dan perekonomian petani dan masyarakat sekitar,” tutur Mentan SYL, Minggu (6/12/2020).

Pernyataan serupa disampaikan Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy.

“Kita berharap embung bisa memberikan tambahan pendapatan buat masyarakat sekitarnya. Karena, air yang tersedia di embung bisa dimanfaatkan untuk subsektor pertanian lainnya, seperti perkebunan dan peternakan,” katanya.

Menurut Sarwo Edhy, pembangunan embung dilaksanakan secara swakelola oleh petani.

“Sehingga masyarakat bisa merasakan langsung manfaat embung. Selain itu, petani mengerjakannya dengan penuh tanggung jawab. Masyarakat juga tanggung jawab penuh atas hasil bangunan serta pemeliharaan embung yang mereka bangun. Sehingga diharapkan akan menghasilkan dampak yang berkesinambungan, tidak hanya sementara,” harapnya.

Ketua Kelompok Tani Karya Mandiri, Banggit, mengakui manfaat embung sangat terasa oleh masyarakat petani.

“Tapi yang lebih penting, pembangunan embung juga membuat kenaikan IP (Indeks Pertanaman). Biasanya, dalam setahun hanya mampu sebanyak 1 kali penanaman. Namun, dengan adanya embung, petani mampu menanam sebanyak 2 kali pertanaman baik tanaman pokok, bergantian dengan tanaman selang ataupun budidaya ikan. Sehingga masyarakat petani mampu terus bertahan membangun perekonomian,” tutur Banggit.

Mewakili kelompok taninya, Banggit tak lupa mengucapkan ucapan terimakasih kepada pemerintah pusat maupun daerah atas pembangunan embung.

“Embung ini sangat bermanfaat serta berdampak positif bagi petani serta masyarakat sekitar area bangunan Embung Air,” katanya.