Kotamobagu Masih Dapat Pupuk Bersubsidi

oleh -70 views

KOTAMOBAGU – Pupuk bersubsidi dipastikan tetap didapatkan petani di Kotamobagu, Sulawesi Utara. Kementerian Pertanian berharap pupuk yang didistribusikan bisa dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pupuk subsidi adalah bantuan pemerintah untuk memaksimalkan pertanian.

“Kita berharap pupuk bersubsidi yang diberikan ini bisa dimaksimalkan petani untuk menggenjot produktivitas. Dengan pupuk subsidi ini, kita juga ingin petani mendukung ketahanan pangan,” katanya, Kamis (14/1/2021).

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengatakan pupuk subsidi diberikan kepada petani yang sudah tercantum dalam eRDKK.

“Pupuk subsidi tetap diberikan kepada petani di Kotamobagu. Pupuk ini akan diterima oleh petani yang sudah tercantum dalam eRDKK,” terangnya.

Sarwo Edhy mengatakan, petani yang telah memegang Kartu Tani bisa menebus pupuk subsidi.

“Kartu Tani juga telah dbagikan di Kotamobagu. Petani yang telah memiliki Kartu Tani bia mendatangi kios-kios yang ditunjuk untuk menyalurkan pupuk subsidi,” katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Kotamobagu, rincian kuota pupuk bersubsidi per kecamatan di Kota Kotamobagu adalah sebagai berikut, untuk Kotamobagu Selatan, urea 384 ton, NPK 250 ton, ZA 10 ton, dan pupuk organik 38 ton. Di Kotamobagu Timur, urea 301 ton, NPK 100 ton, ZA 10 ton, dan pupuk organik 40 ton.

Sedangkan Kotamobagu Utara, urea 100 ton, NPK 128 ton, ZA 10 ton, dan Kotamobagu Barat, urea 96 ton, NPK 100 ton, ZA 4 ton.

Kabid Sarpras dan Penyuluhan Pertanian Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Kotamobagu, Rahmat Talibo, menjelaskan bahwa kuota tersebut sudah tersedia.

Menurutnya, di Kota Kotamobagu ada dua distributor pupuk bersubsidi, dan delapan kios resmi penjual pupuk bersubsidi.

Kuota pupuk bersubsidi tahun ini urea 881 ton, NPK 578 ton, ZA 34 ton, dan pupuk organik 78 ton.