Peran Strategis P4S Didukung Bantuan Sarana dan Prasarana Kementan

oleh -1.822 views

JAMBI – Kementerian Pertanian senantiasa mendorong penumbuhkembangan SDM pertanian. Termasuk dengan memaksimalkan kelembagaan petani lewat peran P4S. Penguatan P4S dilakukan Kementan dengan bantuan sarana dan prasarana.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) pun menyatakan bahwa P4S mempunyai potensi sebagai tempat penumbuhan regenerasi petani muda.

“P4S dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta membentuk sikap positif petani muda terhadap perkembangan teknologi yang berorientasi agribisnis dan berbasis kearifan lokal,” kata Mentan Syahrul.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengatakan P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya) mempunyai peran yang sangat strategis dalam mempercepat proses pembangunan pertanian.

“Oleh karena itu pemerintah memperkuat peran P4S. Hal ini dilakukan dalam upaya mewujudkan sasaran strategis Kementerian Pertanian,” ujar Dedy Nursyamsi.

Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi, selaku pembina P4S, secara berkala terus memantau perkembangan P4S, salah satunya P4S Rumah Madu Hutan Jambi yang terletak di Kota Jambi.

P4S yang baru terbentuk awal tahun ini sangat bersemangat dalam mengembangkan kelembagaannya.

Mendukung kegiatan tersebut, Bapeltan Jambi memberikan penguatan sarana prasarana.

Bertempat di Bapeltan Jambi, 19 Mei 2022, serah terima bantuan dihadiri oleh Kepala Bapeltan Jambi, Kasubbag Tata Usaha, Sub Koordinator Program dan Evaluasi dan Ketua P4S Rumah Madu Hutan Jambi beserta tim ahlinya.

Bantuan yang diberikan yaitu berupa kotak koloni lebah Apis mellifera sebanyak 12 unit, ekstraktor 1 unit, mangkuk ratu 1 unit, stik ratu 1 unit, sikat bulu kuda 2 unit, pollen trap 2 unit dan baju pelindung 2 buah.

Dalam arahannya Kepala Bapeltan Jambi, Zahron Helmy, mengungkapkan bahwa Bapeltan Jambi dapat menjadi tempat pembelajaran budidaya lebah madu.

Zahron berharap agar P4S dapat mendampingi secara intens baik pada masa pelatihan maupun masa proses produksi lebah madu.

“Selain itu bantuan yang diberikan ini agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendukung produksi madu yang dihasilkan oleh P4S,” katanya.

Candra Lela, Ketua P4S Rumah Madu Hutan Jambi, mengucapkan rasa terima kasihnya atas fasilitas bantuan yang telah diberikan.

“Fasilitas ini akan kami manfaatkan untuk sarana prasarana pelatihan, tuturnya. Harapan saya kedepan yaitu agar semakin banyak masyarakat baik di Jambi maupun luar Jambi yang mengetahui tentang industri lebah madu sehingga nantinya dapat membuka lapangan pekerjaan di bidang ini,” tuturnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.