PLEK IPDMIP di Garut Ajarkan 80 RTP Cara Kelola Keuangan

oleh -76 views
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

KAHYANGAN.NET//GARUT – Sebanyak 80 pasangan Rumah Tangga Petani pilihan (RTP) di Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengikuti Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) IPDMIP yang dilaksanakan Dinas Pertanian Kabupaten Garut. Kegiatan ini berlangsung 6 – 9 Oktober 2020.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan PLEK menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan petani.

“Salah satu tujuan dari pembangunan pertanian adalah mensejahterakan petani. Oleh karena itu, kita mengajak petani untuk memahami cara mengelola keuangan,” tutur Menteri Syahrul.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi. Menurutnya PLEK sangat bermanfaat buat petani.

“Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan. Dan juga agar setiap peserta, dalam hal ini petani, dapat menyusun dan merencanakan keuangan usaha tani. Sehingga keuangan tani mereka dapat terkontrol dan dapat memanfaatkan layanan perbankan,” katanya.

Kegiatan PLEK IPDMIP di Garut sendiri melibatkan 10 desa, yaitu Desa Sukarame Kecamatan Caringin, Desa Mekarsari Kecamatan Cibalong, Desa Kadongdong Kecamatan Banjarwangi, Desa Banjarwangi Kecamatan Banjarwangi, Desa Sindangsari Kecamatan Cigeduk.

Juga di Desa Mekar Jaya Kecamatan Bayongbong, Desa Banjar Sari Kecamatan Bayongbong, Desa Cibunar Kecamatan Tarogong Kidul, Desa Karangsarik Kecamatan Leueigoong, dan Desa Cangkuang Kecamatan Leles.

Pemateri adalah Ketua Kelompok Tani yang dilatih sebelumnya. Dan Setiap desa didampingi 1 orang penyuluh.(EZ)