Pupuk Bersubsidi Tersedia di Bireuen, Petani Tercatat di eRDKK Bisa Menebus

oleh -12 views

BIREUEN – Produksi pertanian di Bireuen, Aceh, dipastikan tidak terganggu. Terlebih, pupuk bersubsidi telah tersedia di kios-kios pengecer. Para petani yang namanya sudah tercantum dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (eRDKK) bisa menebus pupuk tersebut.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap pupuk bersubsidi ini bisa mendukung aktivitas pertanian di Bireuen.

“Kita berharap petani bisa memaksimalkan pemanfaatan pupuk bersubsidi untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Karena, salah satu tujuan program ini adalah menaikkan produktivitas pertanian di masyarakat,” katanya, Selasa (16/2/2021).

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, berharap distribusi pupuk bersubsidi di Bireuen bisa tepat sasaran.

“Pupuk subsidi harus dikawal hingga sampai kepada penerima manfaat. Kriteria penerima pupuk sendiri sudah diatur, yaitu petani yang memiliki KTP, memiliki lahan maksimal 2 hektare, terdaftar di kelompok tani, dan telah menyusun eRDKK,” katanya.

Sarwo Edhy mengatakan penyusunan eRDKK sangat penting dalam distribusi pupuk subsidi.

“Karena pupuk subsidi didistribusikan berdasarkan data eRDKK, baik data penerima maupun jumlah. Semua tertera di situ dan telah melalui verifikasi bertahap,” jelasnya.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Bireuen, M Nasir, penebusan pupuk berpedoman kepada peraturan Menteri Pertanian nomor 49  tahun  2020 tentang alokasi dan harga eceran tertinggi dan penjabarannya.

Dijelaskannya, penebusan pupuk subsidi diperuntukkan bagi petani yang tercantum dalam data eRDKK, tercantum nama lengkap, alamat dan NIK yang jelas.

Data lampiran e-RDKK ditempelkan di masing-masing kios resmi pengecer pupuk bersubsidi.

“Jadi petani dapat melihat namanya di e-RDKK masing-masing kelompok dan disana tertera nama jelas dan NIK termasuk alokasi pupuk yang dapat ditebus,” ujarnya.(*)