Wisata di Batang Jawa Tengah, Jangan Lupa Berendam di Situs Balekambang yang Bersejarah

oleh -42 views

BATANG – Situs Balekambang menjadi salah satu destinasi wisata Batang yang menawarkan konsep berbeda. Wisatawan akan disuguhkan tempat dan berbagai benda kuno peninggalan abad ke-7.

Situs Balekambang merupakan tempat pemandian air tawar yang telah berumur ratusan tahun. Situs kuno tersebut berada di Desa Sidorejo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang. Tempat pemandian ini letaknya tidak jauh dari Pantai Jodo.

Tempat wisata tersebut hanya bisa diakses dengan kendaraan beroda dua. Untuk menuju lokasi, wisatawan harus melewati rel kereta api yang tidak memiliki palang pintu.

Meskipun memiliki potensi sebagai tempat melepas penat di tengah perjalanan di Pantura, sayangnya, tempat ini belum begitu dikenal oleh banyak orang.

Suasana di sekitar sangat sejuk, dengan satu pohon beringin raksasa yang memberikan teduh pada area pemandian.

Terdapat juga banyak warung yang selalu buka, menciptakan pengalaman yang nyaman bagi para pengunjung.

Air di Situs Balekambang begitu jernih, dengan dasar kolam terlihat dengan jelas. Sumber airnya berasal dari mata air yang tak pernah berhenti mengalir sejak abad ke-9 Masehi, keluar dari pohon beringin.

Menariknya, baru-baru ini ditemukan sebuah candi di wilayah destinasi wisata ini. Candi ini terbuat dari batu bata merah dan diperkirakan berasal dari abad ke-7 Masehi, pada zaman Kalingga.

Saat ini, hanya beberapa tumpukan batu bata merah yang dapat dilihat di area tersebut, memberikan daya tarik sejarah yang memperkaya pengalaman para pengunjung.

Terdapat dua rute menuju lokasi ini, salah satunya dapat diakses melalui Google Maps, namun pengunjung akan diarahkan melewati jalur Pantai Jodo.

Sayangnya, tidak terdapat petunjuk arah menuju area pemandian. Setibanya di Desa Sidorejo, kendaraan dapat ditinggalkan di sebuah warung di ujung jalan.

kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama sekitar 10 menit melalui jalur setapak dan rel kereta api.

Alternatif lainnya adalah melalui jalur baru di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Pengunjung dapat mengikuti jalan non-tol KITB hingga mencapai pos penjagaan.

Namun, di sana, penting untuk bertanya arah karena tidak ada petunjuk yang jelas.(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.