Daerah Diminta Gelar Sosialisasi Peruntukan Bantuan Alsintan

oleh -41 views

SUKABUMI – Kementrian Pertanian (Kementan) meminta daerah melakukan sosialisasi peruntukan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan). Seperti yang dilakukan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi, melaksanakan sosialisasi bagi penerima manfaat Alsintan berupa hand traktor kepada kelompok tani di wilayah Jampang Kulon tahun anggaran 2020.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menilai, sosialisasi dan pelatihan pengoperasian Alsintan dianggap penting dan mendesak dilakukan agar pemanfaatan bantuan dari pemerintah itu dapat digunakan dengan maksimal. Di samping itu, petani atau kelompok tani juga dapat merawat alat tersebut.

“Pelatihan atau sosialisasi yang dilakukan kepada petani, Poktan maupun UPJA sangat positif untuk mendorong petani agar bisa memanfaatkan alat tersebut dengan optimal,” kata Mentan SYL, Sabtu (26/12).

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Kementan, Sarwo Edhy menambahkan, pelatihan atau sosialisasi soal Alsintan memang penting untuk meningkatan pengetahuan petani. Petani diharapkan menjadi lebih terbiasa dengan teknologi, sehingga pemanfaatan alat tersebut menjadi maksimal.

Melalui kegiatan tersebut, lanjut Sarwo Edhy, petani bisa lebih optimal menggunakan Alsintan, mulai dari olah tanah sampai panen. Belakangan ini, UPJA di beberapa daerah rutin memberikan sosialisasi pentingnya memanfaatkan Alsintan kepada anggota Poktan maupun Gapoktan.

“Perkembangan teknologi mekanisasi pertanian sudah sangat pesat, sehingga mau tidak mau Gapoktan melalui UPJA harus dapat memenuhi kebutuhan petani melalui pelayanan Alsintan,” ujarnya.

Dalam pelatihan, petani mendapatkan pengetahuan atau pengenalan fitur dan komponen Alsintan dan dilanjutkan praktik langsung di lapangan.

“Materi bisa meliputi perawatan dan penggunaan alat. Dengan materi dan praktik yang dilakukan bisa diaplikasikan di lapangan,” kata Sarwo Edhy.

Hadir dalam sosialisasi tersebut anggota DPRD Fraksi Golkar komisi I Ujang Abdurohim Rochmi, anggota DPRD Fraksi PPP komisi I Andri Hidayana, Camat Ciemas, Kabid PSP Dinas Pertanian, Kasi Distan, Kepala UPTD Pertanian Wilayah VI Jampang Kulon, PPL se- wilayah Pajampangan, serta ketua kelompok tani.

Kabid PSP Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi, Eli Sulatri menjelaskan bahwa pertemuan ini sebagai silaturahmi dan sosialisasi kepada kelompok tani yang sudah menerima bantuan hand traktor sekaligus verifikasi data kelompok tani.

“Bulan Desember ini ada 23 unit hand traktor bantuan kepada kelompok tani dan 8 unit belum didistribusikan di wilayah VI Jampang Kulon. Yang 8 unit ini akan segera didistribusikan mulai besok,” jelas Eli.

Distan mengakui ada keterlambatan penyaluran sehubungan keterbatasan tenaga juga adanya kelompok tani yang sudah mendapatkan tahun kemarin dan sekarang mendapatkan lagi.

“Makanya kami turun ke lapangan untuk verifikasi data, dan prioritas bantuan untuk yang belum mendapatkan hand traktor,” jelasnya.

Distan meminta kepada kepada kelompok tani yang mendapatkan bantuan Alsintan, agar benar benar dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Jangan sampai dipindahtangankan atau dijual belikan, ingat bahwa bantuan tersebut bukan untuk perorangan, namun untuk kelompok,” pungkasnya.