Embung Kementan Bantu Peningkatan Pertanian di Mojosongo Boyolali

oleh -46 views

BOYOLALI – Lewat pembangunan embung, Kementerian Pertanian mampu membantu meningkatkan pertanian di Desa Jurug, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, bantuan berupa pembangunan embung tersebut diharapkan bisa dimaksimalkan untuk mendukung pertanian.

“Embung memiliki banyak manfaat. Selain untuk pertanian, air yang ada di embung juga bisa dimanfaatkan untuk subsektor pertanian lainnya, seperti hortikultura, perkebunan, atau peternakan. Jika dimanfaatkan dengan baik, embung akan memberikan nilai tambah buat petani karena manfaatnya bisa langsung dirasakan,” tuturnya, Sabtu (19/12/2020).

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengatakan embung pertanian di Mojosongo dikerjakan secara swakelola oleh Gapoktan Tani Manunggal.

“Dampak dari pembangunan embung yang kita lakukan di Desa Jurug, Kecamatan Mojosongo ini sangat positif. Karena mampu melebihi target luas areal yang terairi. Embung ini mampu mengairi lahan seluas 10 sampai 25 hektare (ha) lahan hijauan pakan ternak, atau di atas dari target di juknis, minimal 5 ha,” katanya.

Embung yang dibangun memanfaatkan sumber mata air Sendang Songo di Desa Jurug.

“Pembangunan fisik embung selesai Oktober 2019 dan langsung dimanfaatkan dengan menggunakan pompa ke lahan. Pompa digunakan karena posisi embung berada di bawah lahan, tapi untuk lahan yang berada di bagian bawah embung, cukup dengan gravitasi,” terangnya.

Sarwo Edhy menjelaskan, pompa yang digunakan adalah hasil swadaya petani ternak.

Sebelum ada embung, petani lebih mengandalkan sumur pantek dengan biaya operasional yang tinggi.

“Sesudah ada embung, ketersediaan air lebih tercukupi, pertumbuhan luas lahan juga meningkat dari 2 ha menjadi 10 hingga 25 hektare, dengan jumlah produksi hmt mencapai 5 ton/ha. Dengan demikian peningkatan bobot ternak tercukupi mendukung produksi daging nasional,” katanya.

Petani setempat berharap embung bisa terus mensuplai pakan ternak di musim kemarau.

Kepala Bidang Produksi Ternak
Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Boyolali, Gunawan Andriyanta, mengakui embung ini memiliki banyak manfaat.

“Embung ini mendukung peternakan yang juga mendukung peningkatan produksi daging nasional,” tuturnya.(*)