Kementan Bantu Pertanian Sumbawa Barat dengan Alsintan

oleh -45 views

SUMBAWA BARAT – Kementerian Pertanian, melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), memberikan dukungan untuk membantu pertanian di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Dukungan tersebut berupa bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan).

Alsintan yang diberikan berupa 1 unit Combine Harvester, Corn Shelter 1 Unit, Power Threser 1 Unit dan Pompa Air 15 Unit.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bantuan ini merupakan bagian dari upaya modernisasi pertanian.

“Pertanian sudah tidak bisa dijalankan dengan cara konvensional. Saatnya kita menerapkan pertanian modern, seperti memanfaatkan alsintan. Dengan cara ini, kita akan siap menyambut era 4.0,” tuturnya, Selasa (2/3/2021).

Hal senada disampaikan Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy.

“Pemanfaatan mekanisasi seperti penggunaan alsintan, adalah bagian dari upaya memodernisasi pertanian. Tujuannya tak lain untuk menggenjot produktivitas pertanian,” katanya.

Dijelaskan Sarwo Edhy, dengan memanfaatkan alsintan proses pertanian akan jauh lebih cepat dan efisien.

“Dengan alsintan, proses olah tanah cuma membutuhkan waktu beberapa jam. Sedangkan dengan cara konvensional, olah tanah butuh waktu berhari-hari. Dan ini tentunya akan berpengaruh pada indeks pertanaman dan peningkatan produktivitas,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Sumbawa Barat, Suhadi, berharap alsintan ini dijaga dan dirawat dengan baik.