Tangsel Siap Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama, 67 Fasilitas Kesehatan Diaktivasi

oleh -134 views

TANGERANG SELATAN – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sudah siap divaksinasi Covid-19. Berkat kesigapan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, sarana prasarana penunjangnya pun sudah diaktivasi. Tangsel menyiapkan 67 Fasilitas Kesehatan yang tersebar merata pada beberapa wilayah.

“Tangsel sudah siap menjalankan program vaksinasi Covid-19. Fasilitas kesehatan sebagai tempat vaksinasi sudah siap. Kami libatkan RSUD dan Puskesmas pada beberapa wilayah di Tangsel,” ungkap Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany.

Tangsel melibatkan beragam Fasilitas Kesehatan untuk menunjang kesuksesan vaksinasi Covid-19. Dari 67 Fasilitas Kesehatan, rinciannya terdiri dari 1 RSUD, 29 Puskesmas, 23 Rumah Sakit Swasta, dan 14 Klinik Swasta. Khusus untuk program vaksinasi bagi tenaga kesehatan, ada 5 Fasilitas Kesehatan yang digunakan. Rincian 1 RSUD hingga 4 Puskesmas. RSUD yang dipilih adalah Tangsel, lalu Puskesmasnya terdiri Setu, Jurang Mangu, Jombang, dan Kampung Sawah.

Lebih lanjut, Tangsel.saat ini sudah menerima 8.920 vaksin Covid-19. Tahap pertama Vaksinasi tersebut akan diberikan kepada 12 Ribu tenaga kesehatan. “Jadwal Fasilitas Kesehatan yang aktif dan memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 sudah diatur sedemikian rupa. Tidak setiap hari mereka melakukan penyuntikan, tapi akan dibuat bergiliran,” terang Airin.

Siap menjalani program, vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Tangsel akan digelar 15 Januari hingga 1 Februari 2021. Untuk vaksinasi Covid-19 dosis kedua diberikan pada 29 Januari sampai 15 Februari 2021. Bukan hanya sarana prasarananya, Tangsel juga sudah mematangkan simulasinya. Sebelum disuntik, penerima vaksin akan didata status cormobid, pengecekan tensi, dan lainnya.

“Simulasi-simulasi yang dilakukan sesuai dengan regulasi yang ditetapkan. Semuanya terlihat bagus, tapi evaluasi terus diberikan. Kami harus memberikan pelayanan terbaik,” tutup Airin.(***)