Wujudkan Pemerataan Keadilan, Darwis-Rizal Bangun Infrastruktur Dasar Desa

oleh -125 views

BENGKAYANG – Pemerataan keadilan melalui pembangunan dipastikan akan terwujud di Bengkayang, Kalimantan Barat. Syaratnya, masyarakat Bengkayang memenangkan Paslon Bupati/Wabup Sebastianus Darwis-Syamsul Rizal di Pemilukada Serentak 2020. Sebab, duet Darwis-Rizal memiliki program pro masyarakat desa melalui pembenahan infrastruktur dasar.

“Kami tetap berpihak kepada masyarakat Bengkayang. Program-program unggulan tetap disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Mengakomodir kepentingan masyarakat. Untuk itu, Darwis-Rizal tetaplah fokus pada pembenahan infrastruktur dasar. Apalagi, banyak infrastruktur dasar ini rusak. Lebih buruk lagi beberapa desa belum menikmati pembangunan,” ungkap Cabup Bengkayang Sebastianus Darwis.

Secara umum infrastruktur dasar terdiri dari jalan, jembatan, air bersih, listrik, juga telekomunikasi. Hanya saja, ironi tetap muncul di Bengkayang. Sebab, masih terdapat sekitar 27 desa yang masih belum mendapatkan akses penerangan listrik. Bila didetailkan lagi, maka kegelapan di malam hari masih membelit sekitar 156 dusun.

“Indonesia merdeka sudah lama, tapi masih ada masyarakat yang belum menikmati listrik. Masih saja ada desa dan dusun yang gelap. Belum lagi kondisi jalan dan jembatan yang rusak di mana-mana. Jadi, pertanyaannya apakah kita sudah maju? Hal ini yang harus segera diselesaikan. Kami siap mewujudkan pemerataan dan keadilan pembangunan di Bengkayang,” terang Darwis lagi.

Mewujudkan keadilan dan pemerataan pembangunan, Darwis-Rizal memang mengusung program ‘SDM Unggul, Bengkayang Mantap’. Nantinya pemenuhan dan revitalisasi infrastruktur dasar tersebut akan dihubungkan dengan sektor lain. Mewujudkan kesejahteraan, Darwis-Rizal akan mendorong pertumbuhan pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan pariwisata.

“Bukan hanya fisiknya yang diperbaiki, tapi kesejahteraan masyarakat harus ditingkatkan. Pokoknya sekarang ini sudah saatnya masyarakat Bengkayang sejahtera dalam arti yang sebenarnya. Agar semua terwujud, silahkan merapatkan barisan bersama Darwis-Rizal. Sebab, semua harus bersinergi dan solid. Kalau semua kompak, berbagai persoalan pasti akan selesai,” jelas Darwis.

Dengan beragam program unggulan yang sudah disusun, arus dukungan bagi Darwis-Rizal semakin membesar. Menyusul wilayah lain di Bengkayang, kini aliran dukungan penuh diberikan Desa Salamantan, Kecamatan Salamantan. Suaranya datang dari Dusun Lipam, Jirak, dan Sindu. Darwis pun memberikan apresiasi atas aliran dukungan yang deras diterimanya.

“Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan masyarakat Bengkayang kepada Darwis-Rizal. Perubahan menuju ke arah yang lebih baik memang sudah saat dilakukan. Masyarakat sudah bisa menilai berdasarkan fakta pembangunan yang ada saat ini di Bengkayang,” tegas Darwis lagi.

Sejak awal, Paslon Cabup/Cawabup Darwis-Rizal memang jadi rekomendasi pilihan terbaik masyarakat Bengkayang di Pilkada Serentak 2020. Mengacu data lembaga survey nasional, elektabilitas Darwis-Rizal sudah tinggi sejak Februari 2020. Sebagai gambaran, lembaga survey independen Nusakom Pratama menempatkan duet Darwis-Rizal sebagai favorit masyarakat Bengkayang dengan slot 21,43%.

Survey tersebut sebelumnya dilakukan terhadap 12 nama Cabup/Cawabup Bengkayang. Untuk rentang surveynya 22 November-2 Desember 2019. Respondennya sekitar 810 nama dari 17 kecamatan yang ada di Bengkayang. Metode survey dilakukan dengan wawancara tatap muka. Responden dipilihnya secara acak atau multistage random sampling. Tingkat kepercayaan 95% dengan margin of error 5%.

“Kami percaya Darwis-Rizal bisa menjaga dan mewujudkan amanah masyarakat Bengkayang dengan baik. Bukti mereka amanah adalah persetujuan dari partai koalisi untuk mengusung mereka. Secara umum, mereka sangat memahami persoalan di Bengkayang dan bisa memberikan solusinya. Untuk itu, Darwis-Rizal harus dimenangkan di Pemilukada Serentak 2020,” papar Ketua DPD Golkar Kalimantan Barat Maman Abdurrahman.(***)