Anda ke Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah ? Ini Dia Destinasi yang Wajib Dikunjungi

oleh -557 views

BATAM – Bagi peserta wisata religi yang singgah ke Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, bisa mengunjungi beberapa destinasi lain yang ada di sekitar Batam. Antara lain Pantai Marina, Jembatan Barelang, Ombak Bar Cafe KTM Resort, Pantai Tanjung Pinggir, dan Tebing Langit.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam Ardiwinata mengatakan, Pantai Marina bisa dijangkau dalam waktu sekitar 10-15 menit dari Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Pantai Marina merupakan salah satu destinasi wisata di Batam yang populer.

“Pantai ini tak hanya berfungsi sebagai kawasan wisata, melainkan juga pelabuhan kapal ferry. Pantainya menawan dengan taman hijau yang dapat dipakai sebagai arena permainan anak-anak,” ujarnya, Jumat (20/9).

Di sekeliling Pantai Marina juga terdapat banyak penjual makanan dan minuman. Sehingga, pengunjung tidak perlu membawa bekal dari rumah. Jika ingin menginap, di sini tersedia hotel dengan harga murah sampai kelas kakap yang bisa dipilih di sekitar Pantai Marina.

Sementara untuk Jembatan Barelang, adalah jembatan besar yang menghubungkan beberapa pulau. Sesuai namanya, Barelang merupakan akronim dari Batam, Rempang dan Galang. Tiga pulau itu yang cukup familiar di telinga masyarakat. Namun, sebenarnya ada pulau lain yang dijangkau jembatan ini, yaitu Pulau Tonton, Pulau Nipah dan Galang Baru.

“Jembatan Barelang merupakan ikon Kota Batam yang populer. Jembatan ini menjadi salah satu tujuan utama saat berwisata di Pulau Batam. Banyak orang berujar, Anda belum ke Batam jika belum mengunjungi Jembatan Barelang,” kata Ardiwinata.

Lain halnya dengan Ombak Bar Cafe KTM Resort. Destinasi ini berada di tengah-tengah selat yang menghubungkan Batam dengan Singapura. Berfoto dengan latar belakang pemandangan Singapura menjadi salah satu spot favorit wisatawan.

“Untuk menjangkau lokasi ini, bisa ditempuh sekitar 30 menit dari Masjid Agung Batam II. Di sana juga ada beberapa kuliner khas yang membuat wisatawan semakin betah berlama-lama di lokasi,” bebernya.

Destinasi tak kalah indah adalah Pantai Tanjung Pinggir. Pantai ini memiliki pemandangan yang cukup indah, sehingga sering menjadi pilihan para pelancong untuk menghabiskan waktu liburan. Selain pemandangan yang menghadap Singapura, daya tarik lain adalah pasirnya yang berwarna kecoklatan. Membentang sepanjang 250 meter mulai dari Timur hingga ke Barat.

Sementara bagi yang gemar selfie, tak ada salahnya mengunjungi Tebing Langit. Di sini banyak dibangun spot selfie yang menarik dan kekinian. Dengan tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang, pengunjung bisa mengumpulkan sebanyak-banyaknya stok foto dengan berbagai latar dan background yang disediakan oleh Tebing Langit.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani mengatakan, hadirnya Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah semakin melengkapi destinasi-destinasi wisata di Batam yang sudah terlebih dahulu hits.

“Kehadiran masjid ini akan membuat untuk pariwisata crossborder di Batam semakin bersinar. Orang akan penasaran dengan salah satu destinasi wisata religi ini karena disebut-sebut sebagai masjid terbesar di Sumatera. Yang jelas, ini merupakan indikasi yang positif bagi perkembangan pariwisata Batam di dunia internasional,” ujar Rizki, diamini Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Dessy Ruhati.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku gembira dengan kehadiran Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Kota Batam. Menurutnya, masjid ini menjadi angin segar untuk perkembangan pariwisata Batam yang dinamis. Dengan hadirnya destinasi ini, kunjungan wisman dipastikan semakin meningkat.

“Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah akan saling mendukung destinasi-destinasi lain di kota Batam. Saling melengkapi, sehingga Batam menjadi daerah yang kaya dengan atraksi. Belum lagi sederet event tahunan yang terus digelar. Saya yakin pariwisata Batam akan terus berkembang dan maju,” tandasnya. (*)