Kuliner Brebes Bikin Suasana Mudik Makin Berkesan

oleh -1.174 views

BREBES – Mudik ke Brebes, atau sekadar lewat Brebes? Sebaiknya sempatkan diri untuk mencicip makanan enak. Banyak ragam kuliner yang disediakan daerah ini. Ada sate kambing, blengong, bakso, hingga makanan khas sesuai nama daerah, soto Brebes.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, lebaran biasa dimanfaatkan banyak orang untuk mudik atau pulang kampung. Situasi macet menjadi pemandangan lumrah jika sudah mendekati hari H. Meski begitu, Anda bisa mampir dulu ke rumah makan atau warung makan yang punya makanan enak.

“Selain soto Brebes, makanan khas daerah ini yang tak kalah popular adalah adep-adep Brebes. Bagi yang sudah lama tak mudik ke Brebes, sajian itu bisa menjadi makanan wajib yang tak boleh terlewatkan. Sementara bagi pendatang, itu akan memperkaya khasanah kuliner yang selama ini ia cicipi,” ujarnya, Selasa (4/6).

Untuk mempermudah Anda yang ingin berburu kuliner khas saat mudik ke Brebes, berikut 10 kuliner enak yang dirangkum dalam program #PesonaMudik2019. Anda bakal ketagihan dan tak berhenti mengunyah hingga sajian itu tak lagi tersisa di piring Anda.

1. Kupat Glabed & Sate Blengong
Sepiring hidangan kupat glabed biasanya disantap di pagi hari menjelang berangkat kerja. Kupat glabed sendiri merupakan sajian yang terdiri dari potongan ketupat dan dihidangkan dengan sayur pepaya muda bersantan yang dicampur dengan potongan daging sapi. Biasanya, kupat glabed sangat pas dihidangkan dengan sate blengong yang rasanya manis dan gurih. Nah, kupat glabed dan sate blengong yang populer biasanya bisa didapat di sekitar Masjid Agung Brebes. Atau ke Pondok Kupat Sate Blengong Kasturi Rajak di Jalan Ahmad Dahlan. Tepatnya di perempatan Islamic Center menuju Pasar Batang, Brebes.

2. Sate Kambing Muda
Sate Kambing Muda H. Suharjo sangat populer di Brebes. Warung ini tak pernah sepi dan selalu menjadi incaran para pemudik. Saking enaknya, pemilik warung kadang sampai kewalahan memenuhi permintaan. Bahkan, konon dalam sehari bisa menghabiskan hingga belasan ekor kambing. Sate yang ditawarkan sebenarnya tak jauh beda dengan sate di tempat lain. Hanya saja, tekstur dagingnya sangat empuk dan bumbu-bumbunya meresap sehingga menghadirkan cita rasa yang dahsyat. Warung Sate Kambing Muda H. Suharjo bisa dijumpai di Jl. A Yani No.32, Kabupaten Brebes.

3. Kepiting Soka
Jika ingin mencicipi kepiting soka yang enak, ada Warung Makan Cemara Bondan sebagai pilihannya. Meskipun tempatnya sederhana, jangan ragukan kenikmatan masakan yang ada di warung makan ini. Bumbunya pas, bahkan cangkang kepitingnya pun enak dihisap sampai bersih. Apalagi jika cangkangnya lunak. Anda bisa ketagihan dan memesannya lagi.

4. Blengong Bakar/ Goreng
Blengong merupakan hasil perkawinan antara itik dan entok. Cita rasa blengong mirip bebek, tetapi lebih empuk dan lemaknya banyak. Di salah satu rumah makan di daerah Katanggungan menyajikan menu blengong bakar dan goreng. Keduanya sama-sama enak. Tapi yang bakar lebih sedap karena banyak bumbunya. Blengong bakar/ goreng biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang bisa disruput atau disiram langsung di atas nasi.

5. Ayam Kampung Goreng & Tahu Aci
Ayam kampung goreng dan tahu aci diyakini merupakan makanan khas Brebes. Tetapi data otentiknya masih kurang dipercaya. Jika Anda sedang mudik ke Brebes, silakan menikmati hidangan lezat ini. Lauk dari ayam kampung terjamin bakal bikin Anda ketagihan ketika mencicipinya. Belum lagi dengan tambahan tahu aci yang menawarkan rasa unik. Kuliner ini bisa dengan mudah di temui di sejumlah rumah makan di Brebes.

6. Soto Brebes
Soto Brebes yang segar memang cocok dijadikan santapan di siang hari. Salah satu penjual soto Brebes yang enak berada di Jl.Gajah Mada No.39 Brebes. Soto yang disajikan merupakan campuran dari soun, tauge, babat, dan disajikan dengan tambahan nasi putih. Bagi penggemar masakan pedas, bisa menambahkannya dengan seikit sambal. Harga soto Brebes juga ramah di kantong sehingga Anda bisa menikmati makanan murah meriah ini kapan saja.

7. Adep-adep Brebes
Adep-adep merupakan makanan yang terdiri dari nasi, ayam bacem, tahu goreng, tempe goreng, ikan asin, jengkol, sayuran, dan sambal. Untuk sayurannya terbilang sederhana, namun memberi cita rasa yang cukup enak. Yaitu daun singkong, kacang panjang, dan mentimun. Kuliner yang kini tengah digilai warga Brebes ini bisa dijumpai di kawasan Ketanggungan. Silakan mampir dan buktikan kenikmatan adep-adep Brebes.

8. Rujak Belut ala Cigedug Kersana
Sesuai namanya, rujak belut memanfaakan bahan dasar berupa belut. Jika ditanya masalah rasa, dijamin Anda akan ketagihan dan bahkan akan membuat Anda tak ingin beranjak pulang. Makanan unik ini bisa didapat dengan mudah di Warung Rujak Belut yang berlokasi di Desa Cigedog, Kecamatan Kersana, Kabupaten Brebes. Nah, seperti apa rasanya jika belut diolah menjadi rujak? Coba kasih nilai ya!

9. Bakso Pak Gimin
Kalau ingin mencicip sajian bakso berkuah segar, mampir saja ke sini. Bakso racikan pak Gimin terkenal enak karena rasanya yang gurih. Bakso dengan perpaduan urat dan daging sapi terasa kenyal dan empuk, sangat cocok disiram dengan kuah kaldu yang gurih hangat. Pas sekali disantap malam hari ketika udara dingin. Agar rasanya semakin enak, tambahkan sedikit tetelan, mie, tauge, sawi, serta taburan bawang goreng, seledri dan sambal. Bakso Pak Gimin bisa dijumpai di Jalan Ahmad Yani No. 28, Brebes.

10. Seafood Gusti
Jika pilihan kulinermu lebih condong ke Seafood, cobalah nikmati Seafood Gusti di Randu Sanga Kulon. Beragam olahan seafood bisa Anda dapatkan dengan rasa yang lebih nendang. Racikan bumbu yang meresap hingga ke dalam daging, akan membuat Anda menikmati sensasi rasa yang wah. Mulai dari ikan, kepiting, udang, hingga cumi-cumi pun ada di sini. Semuanya enak-enak dan akan membuat Anda kalap ingin mencicipi semuanya. (***)