Kuliner Khas Jambi Wajib Dicicipi Saat Mudik

oleh -1.184 views

JAMBI – Selain memiliki alam dan budaya yang top, Jambi menyimpan potensi lain, berupa kuliner. Kekayaannya pun menjadikannya referensi utama #PesonaKulinerLebaran2019. Menariknya, beberapa kulinernya sangat otentik dan mencengangkan. Sebab, pengolahan dan penyajiannya berbeda dari biasanya.

“Jambi banyak menawarkan kuliner bercita rasa nikmat. Bahkan, beberapa justru mencengangkan. Jambi menghasilkan olahan buah rambutan. Buah ini berhasil disulap menjadi camilan nikmat dengan cara digoreng. Yang jelas ada banyak sensasi rasa yang ditawarkan Jambi,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang juga Menpar Terbaik Asia Pasifik tersebut.

Kaya rasa, Jambi pun menjadi wisata kuliner dan belanja yang menarik. Untuk memudahkan pemudik, berikut disajikan #10TopKulinerLebaran2019 asal Jambi yang nikmat dan unik:

1. Tempoyak

Salah satu kuliner yang bercita rasa unik adalah Tempoyak. Kuliner tersebut berbahan dasar durian yang difermentasi. Kuliner ini biasanya digunakan sebagai teman saat menyantap nasi. Rasanya khas dengan asam dan aromanya. Lebih luas lagi, Tempoyak bisa digunakan sebagai bumbu masakan. Bahan baku ini juga cocok dibuat sambal. Paduannya adalah ikan teri, mas, mujair, patin, dan lainnya.

Proses pembuatan Tempoyak cukup mudah. Daging dunian dipisahkan dari bijinya, lalu diberi sedikit garam. Ditambahkan juga cabai rawit untuk mempercepat proses fermentasi. Begitu adonan selesai, lalu disimpan dalam tempat yang tertutup rapat. Tempoyak ini bisa disimpan dalam suhu ruangan atau juga di kulkas.

2. Kue Padamaran

Kue Padamaran merupakan khas Lebaran yang dimiliki Jambi. Pada jaman dahulu, Kue Padamaran ini disajikan dalam agenda penting. Sebut saja, pernikahan atau penyambutan pejabat penting. Tekstru kue sangat lembut dengan cita rasa manis. Porsinya juga sangat pas untuk berbuka puasa. Untuk membuat Kue Padamaran juga mudah.

Sediakan bahan berupa tepung beras, santan, ekstrak air daun suji, gula aren, dan takir. Takir terbuat dari daun pisang yang digunakan sebagai wadahnya. Proses pembuatannya, campurkan tepung beras, santan hangat, dan air suji. Adonan tersebut lalu dimasukan ke dalam takir. Kukus selama 20 menit, lalu beri gula merah pada bagian atasnya.

3. Pindang Kuning

Pindang Kuning menjadi salah satu kekayaan kuliner Jambi. Warnanya sangat khas, lalu kuahnya gurih dan nikmat. Ada sensasi rasa pedas tipis yang muncul. Ada banyak spot yang bisa ditemui di Jambi untuk menikmati kuliner tersebut. Apalagi, Pindang Kuning biasanya dikolaborasikan dengan bahan baku ikan yang segar. Meski nikmat, tapi harga kuliner ini sangat ramah.

4. Sambal Pirik

Ingin menikmati sisi lain dari kuliner Jambi? Silahkan saja coba Sambal Pirik. Cita rasa pedasnya juara banget. Warnanya juga menarik. Sambal Pirik ini menambah daftar panjang kuliner unik dan khas yang dimiliki Jambi. Komposisi bumbunya pas. Untuk itu, kami merekomendasikan Sambal Pirik ini sebagai kuliner yang wajib dicoba saat melintas di Jambi.

5. Rambutan Goreng

Rambutan Goreng jadi menu unik yang dimiliki Jambi. Rambutan biasanya dinikmati langsung atau untuk campuran es. Namun, Jambi bisa mengolahnya menjadi kuliner dengan cita rasa nikmat. Cara membuatnya menarik. Pisahkan buah dari bijinya, lalu diiris tipis-tipis dan digoreng. Sebagai catatan, saat digoreng, rambutan harus benar-benar kering.

Untuk memunculkan sensasi kerenyahan, daging buah dibaluri tepung terigu, vanili, dan garam. Bagi yang penasaran, silahkan datang ke Jambi. Sebab, Rambutan Goreng ini memiliki cita rasa seperti kurma. Lebih menarik, camilan tersebut bisa disimpan untuk durasi waktu hingga 6 bulan. Nah, sangat cocok sebagai buah tangan bukan?

6. Nanas Goreng Tangkit

Desa Tangkit, Muaro Jambi, merupakan sentra budidaya nanas. Produksi buah nanas di sini sangat melimpah. Pemanfaatan buah ini bisa dimakan langsung, tapi ada juga yang diolah. Nanas diolah jadi selai dan dodol. Bisa juga digunakan sebagai penambah sayuran, sambal, dan lainnya. Namun, yang terkenal dari Tangkit adalah Nanas Gorengnya.

Pangsa pasar Nanas Goreng Tangkit sangat luas. Beberapa diantaranya adalah Turki, Amerika, Jerman, Korea Selatan, dan lainnya. Untuk pasar lokal diantaranya Padang, Surabaya, Malang, hingga Sulawesi Selatan.Nanas Goreng khas Tangkit ini sudah banyak tersedia di Mall dan Swalayan.

7. Dodol Kentang Kerinci

Kentang jadi komoditi unggulan di Kerinci, Jambi. Produktivitasnya melimpah. Dengan kreativitasnya, kentang pun diolah menjadi dodol. Dodol Kentang Kerinci bertekstur lembut dan sedikit kenyal. Rasa manisnya pun pas. Berkat uluran tangan pemerintah pada 1990, Dodol Kentang berhasil jadi primadona dan menjadi camilan identitas Kabupaten Kerinci.

Pada proses pembuatan Dodol Kentang Kerinci, ada bahan baku khusus dan peralatan yang disiapkan. Bahan baku yang dipakai adalah kentang, kelapa, gula, tepung ketan putih, garam, vanili, dan lainnya. Peralatannya berupa, kuali besi, sendok goreng, tungku, pisau, dan alat cetakan. Ada juga saringan, baskom, talenan, dan rak penjemuran.

Untuk langkah awal, kentang direbus. Usai dingin, kentang lalu digiling hingga halus. Kelapa diparut dan diambil santannya. Berikutnya, tambahkan semua bahan baku lainnya. Selama proses pemasakan, bahan-bahan ini harus diaduk terus menerus hingga kental. Langkah selanjutnya, dituangkan di dalam cetakan dan didinginkan lalu dipotong. Dodol Kentang lalu dijemur selama 2-3 hari, baru dikemas.

8. Lemang Kantong Semar

Lemang Kantong Semar merupakan kuliner favorit di Jambi. Kuliner ini menggunakan bahan baku beras ketan, santan, dan garam. Setelah bahan baku tadi dicampur, lalu dimasukan ke dalam kantong semar. Untuk menikmatinya, Lemang Kantong Semar biasanya disajikan bersama gulai. Dengan keunikannya, kuliner ini menjadi sajian utama dalam acara adat.

9. Kopi AAA

Sama seperti wilayah lain, Jambi juga memiliki potensi berupa kopi. Beberapa kopi yang ditawarkan adalah AAA. Kopi ini murni khas Jambi dan sudah ada sejak jaman dahulu. Kopi AAA ini wangi dan rasasanya pahit. Karaktenya seperti campuran kopi robusta dan ekselsa (kopi liberica). Cita rasa unik ini yang membuat kopi AAA sangat terkenal. Ada rasa robusta yang strong dengan liberica yang bright, lalu ditambah fruity.

10. Pempek Sambal Setya

Bagi penikmat sensasi pedas, maka Pempek Sambal Setya jawabannya. Pempek dengan rasa gurih dan pedas yang akan membuat nagih. Pempek Sabal salah satunya yang bisa dinikmati di Sengeti Seberang, Muaro Jambi. Rasa pedasnya memang kuat, dikolaborasikan dengan aroma wangi kunyit dan daun jeruk. Hasilnya, kuliner ini sudah menggugah selera dari awal.

Pempek Sambal ini pada perinsipnya tetap dinikmati bersama cuka. Selain nikmat, harganya juga sangat ramah. Menjadi kuliner khas Jambi, Pempek Sambal memiliki bahan baku khusus. Sebut saja, tepung sagu, irisan pepaya muda, cabai, tomat, juga bawang merah-putih. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.