Lakukan Berbagai Pembenahan, Kota Padang Siap Sambut Wisatawan di Libur Lebaran 2019

oleh -914 views

Padang – #PesonaMudik2019 di Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar) dijamin bakal menyenangkan. Apalagi Pemkot Padang melakukan berbagai pembenahan untuk menambah kenyamanan wisatawan.

Pembehanan tersebut dikatakan langsung oleh Wali Kota Padang Mahyeldi, Kamis (30/5).

“Kita tidak hanya melakukan pembenahan di beberapa objek wisata, sektor penting lainnya pun juga kami perhatikan. Diantaranya seperti melakukan penataan di kawasan Pasar Raya sebagai pusat perdagangan, lalu taman-taman kota, kawasan pedestrian/trotoar maupun infrastruktur lainnya,” kata Mahyeldi.

Tidak hanya itu, Pemkot Padang pun melakukan kerjasama dengan seluruh stakeholder. Mulai aparat kepolisian dan lainnya dengan membentuk Tim Saber Pungli untuk melakukan pengawasan dan penindakan.

“Pemerintah Kota Padang akan berusaha maksimal agar tidak terjadi tindakan-tindakan pungutan liar (pungli) atau penetapan harga makanan oleh oknum-oknum pedagang yang membuat perantau dan wisatawan merasa tidak nyaman saat berwisata dan berekreasi di Kota Padang,” ujarnya.

Seperti diprediksi dan berkaca pada libur Lebaran tahun lalu, para wisatawan selalu membanjiri destinasi wisata seperti Pantai Padang. Dimana kawasan tersebut meliputi Pantai Muaro Lasak dengan Tugu Perdamaiannya, Pantai Chimpago dengan tugu IORA-nya serta Pantai Muaro dengan latar Gunung Padang.

Kemudian Pantai Air Manis, Kawasan Kota Lama Batang Arau, Jembatan Siti Nurbaya, Kawasan Gunung Padang dan Bukit Gado-Gado. Begitu juga kawasan wisata di Kecamatan Bungus Teluk Kabung seperti Sungai Pisang dan pulau-pulau disekitarnya. Juga kawasan Pantai Pasir Jambak, Kawasan Lubuk Minturun dan tempat rekreasi anak- anak di Kawasan Tarandam.

“Disamping itu wisatawan diprediksi juga akan memadati pusat-pusat perbelanjaan seperti Transmart, Basko Mall, Plaza Andalas dan Kawasan Pasar Raya. Kemudian pada malam hari diprediksi wisatawan akan memadati kawasan wisata kuliner seperti kawasan Simpang Kinol, Kawasan GOR Agus Salim, Kawasan jalan M. Yamin, kawasan jalan Veteran, kawasan Simpang Haru, kawasan jalan Perintis Kemerdekaan di Jati serta tempat-tempat kuliner ternama lainnya,” papar Walikota.

Terpisah Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rizki Handayani mengatakan, segala persiapan ini menunjukkan komitmen tinggi dari Pemerintah Kota Padang untuk mendorong laju pariwisatanya.

Bukan saja pembenahan destinasi dan perangkat, bahkan kota Padang pun menghadirkan atraksi wisata yang mumpuni pada libur Lebaran ini. Di mana Kota Padang siap menghelat Festival 10 Ribu Bakcang Ayam dan Lamang Baluo yang akan melakukan pemecahan rekor MURI. Festival ini akan dihelat pada tanggal 6 dan 7 juni 2019 di Kawasan Jembatan Siti Nurbaya sampai kawasan Kota Tua Batang Arau.

“Pariwisata merupakan salah satu lokomotif perekonomian yang bisa diharapkan di Sumbar khususnya Kota Padang. Potensi yang luar biasa. Ini tentunya harus dimanfaatkan secara serius,” ucap Rizki.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga sependapat. Kota Padang kaya akan potensi wisata alam ditambah masih kuatnya nilai adat leluhur dan kearifan lokal yang dipegang teguh oleh masyarakatnya.

Menteri yang meraih The Best Marketing Minister Of Tourism Of ASEAN versi Markplus Marketer of The Year 2018 itu yakin jika #PesonaMudik2019 di Padang akan sangat luar biasa.

“Kota Padang tidak diragukan lagi potensi wisata dan kekuatan budaya yang masih melekat kuat. Aksesibilitas serta amenitasnya juga mumpuni. Hal ini didukung dengan komitmen CEO-nya yang terus mempromosikan keunggulan pariwisatanya ke dunia internasional. Saya yakin Kota Padang mampu menjadi pintu gerbang pariwisata Sumbar,” ujar Menpar Arief Yahya.(*)