Libur Lebaran, Destinasi dan Penginapan Apa yang Digemari Wisatawan?

oleh -54 views

JAKARTA – Tempat-tempat religius, destinasi alam dan kuliner bakal kebanjiran pengunjung saat liburan Lebaran Idul Fitri. Destinasi yang khas ini menjadi tempat yang cocok untuk merayakan moment lebaran.

Tren ini bisa terjadi karena masyarakat cenderung ingin merayakan momen lebaran dengan mengunjungi tempat-tempat yang memberikan pengalaman spiritual, alam yang indah, dan juga mencicipi kuliner khas lebaran di berbagai daerah,” ujar Pakar Strategi Pariwisata Nasional Taufan Rahmadi, Selasa 2 April 2024.

Demikian pula dengan tren penginapan yang akan digemari masyarakat saat libur lebaran. Saat ini cenderung menuju kepada penginapan yang menawarkan pengalaman unik dan berbeda.

“Seperti penginapan dengan view bagus, desain interior estetik, dan dekat dengan objek wisata. Homestay juga semakin diminati karena memberikan pengalaman tinggal di rumah lokal,” sebut Taufan.

Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran ini menilai, masyarakat lebih memilih penginapan seperti itu karena mereka ingin pengalaman liburan yang lebih personal dan berkesan, serta ingin menjelajahi destinasi wisata dengan lebih dekat.

“Penginapan yang dikelola mandiri seperti homestay dapat menjadi hal yang bagus karena memberikan pengalaman tinggal yang lebih otentik dan interaksi yang lebih dekat dengan penduduk lokal. Dan ini juga bisa menjadi sumber pendapatan tambahan bagi pemilik rumah,” ungkapnya.

Agar homestay atau penginapan milik perorangan dapat bertahan dan bersaing dengan penginapan yang lebih besar, Taufan menyarankan pemilik homestay memberikan pelayanan yang ramah, menyediakan fasilitas yang memadai, mempromosikan pengalaman lokal yang unik, dan juga menjaga kebersihan dan kenyamanan penginapan.

“Pengalamannya didapat wisatawan, tetapi mereka juga mendapatkan pelayan serasa menginap di hotel pada umumnya,” pungkasnya.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.