Majlis Dzikir Pariwisata Banten Berkeliling ke Destinasi Wisata

oleh -1,036 views

BANTEN – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata Provinsi Banten yang mendirikan Majlis Dzikir Pariwisata. Lewat kegiatan ini, pelaku pariwisata diajak berdoa agar terhindar dari bencana serta memohon keberkahan.

Menurut Direktur Pengembangan Destinasi I, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wawan Gunawan, kegiatan ini sangat positif.

“Seperti yang sama-sama kita ketahui, pariwisata itu adalah wasilah dalam memuliakan alam dan budaya untuk kesejahteraan masyarakat melalui aktifitas masyarakat di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pariwisata kegiatan lintas sektor. Banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya melalui kegiatan religi dan wisata rohani, wisata hati berserah diri pada Yang Maha Illahi, seperti Majlis Dzikir Pariwisata yang didirikan Dinas Pariwisata Banten,” kata Wawan.

Wawan memberikan apresiasi lebih lantaran Majlis Dzikir Pariwisata berkeliling mengunjungi destinasi wisata di Banten. Kamis (27/10/2022) malam, kegiatan ini hadir di Makam Pangeran Aria Wira Asmara, di Kampung Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

“Lewat kegiatan ini, para pelaku pariwisata diajak untuk selalu mengingat Allah SWT, selalu berdoa agar dijauhi dari bencana dan diberikan keberkahan,” katanya.

Kepala Seksi Pengembangan SDM Pariwisata Dispar Prov Banten, Rohaendi sekaligus pemilik Bale Seni Ciwasiat Pandeglang Banten menuturkan “Sebelumnya, kegiatan ini telah dilakukan di berbagai destinasi, di antaranya destinasi wisata buatan MBS Kelurahan Kemanisan Kecamatan Curug Seran, kemudian di Marbela, Aston Anyer, Mutiara Carita, Tanjung lesung, Sumur Ujung Kulon bahkan hingga ke Sawarna, Tanjung Kait, Pulo Cangkir dan kawasan wisata peloksok lainnya.

Majlis Dzikir Pariwisata rutin dilakukan setiap Kamis malam Jum’at dan berkeliling ke tiap destinasi wisata.

“Setiap minggunya, santri yang mengikuti dzikir semakin bertambah. Dari berbagai kalangan terutama yang terkait dunia pariwisata. Ini bukti bahwa dzikir kita diterima banyak pihak,” ujar Kadispar Prov Banten H.Alhamidi,S.Sos.,M.Si.

“Selain itu yang minta dijadikan lokasi dzikir juga terus berdatangan” tambahnya.

Majlis Dzikir Pariwisata kebutuhan operasionalnya berasal rereongan para pegawai Dispar Banten, spontanitas sumbangan tempat yang dipilih serta para pihak yang dengan suka rela menyumbangkan berbagai makanan, tambah H.Alhamidi.

Setelah berdzikir, biasanya dilakukan dialog dengan pelaku pariwisata setempat sebagai penguatan kemitraan antar pemangku kemitraan pariwisata, agar terjalin sinergitas yang solid, sehingga pariwisata di Banten merupakan gerakan bersama, sebagai realisasi dari “Geber” gerak bersama, sebagaimana selalu didengungkan oleh Bapak Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, pungkas Kadis Pariwisata Provinsi Banten. ***

No More Posts Available.

No more pages to load.