Pemerintah Batalkan PPKM Level 3, Ayo Berlibur ke Gunung Mas Puncak

oleh -6.190 views

BOGOR – Pembatalan PPKM level 3 oleh pemerintah disambut hangat masyarakat dan pelaku industri pariwisata. Karenanya sejumlah sektor usaha pariwisata pun berlomba untuk mempromosikan tempat wisata yang di kelolanya. Tak terkecuali agrowisata Gunung Mas Puncak.

Jelang libur akhir tahun sebagian masyarakat sudah merencanakan liburan mereka. Salah satu yang yang menarik untuk dikunjungi adalah agrowisata Gunung Mas Puncak. Untuk warga Jakarta dan sekitarnya yang tak ingin berlibur jauh-jauh di masa pandemi ini, destinasi wisata puncak, khususnya agrowisata Gunung Mas, memang menjadi pilihan.

Lokasinya yang mudah dijangkau dengan pemandangan alam yang menakjubkan, agrowisata Gunung Mas adalah pilihan terbaik. Apalagi bila kita hanya memiliki low budget. Itulah sebabnya kawasan ini ramai dikunjungi warga metropolitan kala liburan.

Kebun Teh Puncak Agrowisata Gunung Mas Cisarua menjadi pilihan destinasi wisata yang banyak dikunjungi warga Jabodetabek

Manager Agrowisata Gunung Mas PTPN VIII, Hikmat Eka Karyadi menjelaskan berbagai upaya telah dilakukan sebagai bagian dari persiapan libur akhir tahun. Ia menerangkan langkah kesiapan yang sudah dilakukan di antaranya adalah kesiapan sarana dan prasarana, penerapan protokol kesehatan, kesiapan penataan lingkungan wisata yang Bersih, Indah, Sehat dan Aman (BISA).

“Dengan kesiapan yang sudah dilakukan tersebut, kami sampaikan bahwa Agrowisata Gunung Mas sudah siap dan aman untuk dikunjungi,” tuturnya.

Pria yang ramah itu mengucapkan terima kasih atas berbagai dukungan semua pihak seperti Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Sosial, Komisi IV DPR RI, Muspida Provinsi Jawa Barat, Korem 061/Surya Kencana Bogor, Muspida Kabupaten Bogor, Dinas-dinas (SKPD) Kabupaten Bogor, BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Satuan Pol PP, Dinas PUPR, Dinas terkait lainnya.

“Pada kesempatan ini pula kami ingin menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas bantuan, perhatian dan kerja sama dari semua pihak. Semoga bantuan dan kerja sama semua pihak dapat menjadi kebaikan dan dibalas Allah SWT dengan balasan yang berlipat,” kata dia.

Dikatakan Eka, agrowisata yang dikelola pemerintah ini berada pada ketinggian 800-1.200 m dpl. Suhu rata-rata di sana antara 12-22 derajat celcius. Itulah sebabnya area ini sangat cocok digunakan sebagai pelepas kejenuhan rutinitas.

Harga Tiket Kebun Teh Puncak Agrowisata Gunung Mas

Wisatawan yang ingin memasuki kawasan wisata ini akan dikenakan biaya. Secara umum harga Tiket Kebun Teh Puncak Agrowisata Gunung Mas sebagai berikut:

Tiket Umum Rp15.500
Tiket Kendaraan
Tiket Motor Rp2.500
Tiket Mobil Rp7.500
Tiket Bus Rp10.000

Sebagai destinasi terkenal di puncak, banyak wahana yang bisa dinikmati pengunjung di sini. Dimulai dari tea walk, berkuda, outbound hingga mengunjungi pabrik teh. Berikut keseruan dari tiap wahana tersebut.

1. Berkeliling Kebun Teh – Tea Walk

Tea walk merupakan aktivitas berjalan santai mengelilingi kebun teh. Tarif berkeliling kebun teh ini berbeda-beda, tergantung dari rute yang ditempuh. Ditawarkan mulai dari Rp20.000 – Rp35.000.

Selama tea walk berlangsung, pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan kebun teh yang menyejukkan. Sensasi menyatu dengan alam di tengah udara sejuk tanpa polusi hadir di sini. Pengunjung juga akan menyaksikan sendiri proses pemetikan daun teh.

Dalam mengelilingi kebun teh, nantinya pengunjung tidak sendirian. Ada seorang pemandu untuk tiap pengunjung. Sehingga selain menyehatkan, tea walk ini juga penuh akan pengetahuan.

Banyaknya pilihan rute selama tea walk ini, waktu tempuhnya pun akan berbeda pula. Waktu tempuh dalam menyelesaikan tea walk antara 1 hingga 2,5 jam. Jarah tempuh yang cukup lama akan terbayar lunas dengan kepuasan yang didapat.

2. Naik Kuda

Jika tak ingin berjalan, ada alternatif lain dalam menikmati suasana kebun teh. Apalagi jika pengunjung mengajak serta sang buah hati. Berkuda menjadi alternatif yang tepat untuk dicoba pengunjung.

Tak jauh berbeda dengan tea walk di atas. Dalam berkuda juga sudah ditentukan rutenya. Masing-masing rute memiliki perbedaan tarif tersendiri.

3. Berkunjung ke Pabrik Teh

Selain melihat pemetikan daun teh, pengunjung juga bisa menyaksikan pabrik pengolahan daunnya. Meski telah menjadi minuman sehari-hari, namun banyak yang belum tau cara pengolahannya. Melihat bagaimana mengolah daun menjadi minuman, tentu menimbulkan pengalaman tersendiri.

Baik teh curah maupun teh celup, semuanya bisa disaksikan pengolahannya di sini. Pengunjung bisa mengeksplorasi pabrik secara perorangan atau pun kelompok. Kunjungan ini tentu sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan, terlebih bagi pelajar dan mahasiswa.

4. Kegiatan Outbound

Wahana outbound memang wajib ada di wisata alam seperti Gunung Mas. Flying fox menjadi outbound yang wajib dicoba di sini. Ada 2 jenis flying fox yang bisa dicoba pengunjung.

Untuk mencoba permainan flying fox pengunjung dikenakan biaya. Besaran biaya tergantung panjang lintasan luncur yang dipilih. Setelah menyelesaikan flying fox, pengunjung akan dijemput dan diantar menggunakan mobil ke titik kumpul.

5. Terbang layang

Bagi pengunjung yang suka memacu adrenalin, wahana ini patut dicoba. Pengunjung akan dibawa terbang melayang melintasi birunya langit Gunung Mas. Tentu ini akan menjadi pengalaman berkesan yang tak terlupakan.

6. Motocross Mini

Hal menarik berikutnya di kawasan agrowisata ini diperuntukkan bagi anak-anak. Disediakannya motocross mini bagi anak, menambah keseruan tersendiri. Apalagi di hari libur, motocross mini menjadi salah satu unggulan dalam menarik pengunjung.

7. Jelajah Ekstrim dengan Off Road Komodo

Jika motocross mini diperuntukkan bagi anak-anak, orang dewasa mendapatkan off road komodo. Mengendarai mobil khusus yang didesain untuk jalur ekstrim tentu sangat mengasyikkan. Wahana ini memang tidak bisa dikatakan murah, namun sangat layak dicoba bagi penyuka tantangan.

Pengunjung akan dibawa melewati perjalanan 12 km selama 1 jam. Jalur yang dilewati berupa bebatuan dan jalan becek. Pengunjung akan disuguhi pemandangan eksotis dari puncak perkebunan teh.

8. Mengendarai ATV di Kebun Teh Puncak

Jika off road komodo dirasa mahal, pengunjung bisa menjajal atv dalam menjelajahi perkebunan teh. Rute yang ditempuh sekitar 2 km dalam waktu 15 menitan.

Fasilitas di Agrowisata Gunung Mas

Fasilitas yang tersedia di sini adalah penginapan, yang berbentuk wisma, bungalow, pondokan atau villa. Selain itu juga ada aula serbaguna berkapasitas hingga 250 orang. Adanya lapangan sepak bola dan tenis semakin melengkapi fasilitas di agrowisata ini.

Pengunjung yang ingin datang ke sini, tempat wisata ini berlokasi Jl. Raya Puncak No.KM. 87, Tugu Sel, Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750.***

No More Posts Available.

No more pages to load.