Pemukulan Kompang Tandai Dimulainya Ruang Kita Festival II 2019

oleh -32 views

RIAU – Gubernur Riau H Syamsuar membuka secara resmi Ruang Kita Festival II 2019, Senin 2 Desember 2019, di Bandar Seni Raja Ali Haji, purna MTQ Pekanbaru. Pembukaan ditandai dengan pemukulan Kompang dan pelepasan balon ke udara. Event ini akan berlangsung hingga 7 Desember mendatang.

Hadir dalam pembukaan LAM Riau Al Azhar, Bupati Kampar Catur Sugeng, Bupati Rohul H Sukiman dan para Bupati Kabupaten Kota lainnya yang diwakili, Plt Kepala Dinas Pariwisata Riau, Ketua Panitia Ruang Kita Festival II, R Dandun Wibawa, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Riau H Syamsuar mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah Provinsi Riau dalam meningkatkan kunjungan wisata.

“Ajang ini harus menampilkan berbagai hal yang mampu menarik minat wisatawan, baik lokal, nasional maupun internasional, seperti pertunjukan tradisional yang dimiliki Riau. Karena, wisatawan manca negara itu menginginkan pertunjukan yang tradisional. Kalau pertunjukan yang modern kan sudah ada di negeri mereka. Mereka ingin melihat yang tradisional dan bersejarah,” kata Syamsuar.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Riau, Syamsuar juga memberikan penghargaan kepada daerah dan kepala daerah yang dinilai peduli dengan pariwisata dan kebudayaan di daerahnya.

Sementara itu, Plt Kadis Pariwisata Riau, Yoserizal Zein menyampaikan, acara ini akan dimeriahkan beberapa penampilan musik dan seni. Di malam hari akan ada penampilan musik Islami.

“Selain itu, juga ada kolaborasi seni, pameran foto, pameran lukisan kearifan lokal dan juga menampilkan destinasi pariwisata Riau,” tutur Yoserizal.

Tak hanya itu, pada kegiatan ini juga diadakan pameran Bonsai yang diikuti oleh para komunitas Bonsai di Pekanbaru.

Tahun ini, Ruang Kita Festival juga mengadakam Cek Kesehatan Gratis dan Lomba Mewarnai tingkat anak-anak. Di puncak acara digelar sajian khusus dengan menampilkan para pejabat negara bernyanyi dan tokoh masyarakat Riau membaca puisi dan orasi budaya oleh Ketua MKA LAM Riau.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf Rizki Handayani mengatakan Ruang Kita Festival II mengalami kemajuan.

“Pemerintah Provinsi Riau sangat serius menggelar event ini. Mereka melakukan evaluasi dari tahun lalu. Makanya tahun ini pelaksanaan Ruang Kita Festival terasa lebih istimewa. Apalagi, event ini mengangkat seni dan budaya Melayu dan sangat khas Riau,” ujarnya.(***)