Adnan Purichta Ichsan, Generasi Milenial Partai Golkar Menang Telak di Pilkada Gowa

oleh -68 views

GOWA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa merampungkan hitung suara Pilkada Gowa 2020 melalui Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Berdasarkan hasil penghitungan suara yang masuk seratus persen dari 18 kecamatan, kader milenial Partai Golkar, Adnan Purichta Ichsan yang berpasangan dengan Abdul Rauf Malaganni menang telak dengan perolehan suara sebesar 277.245 atau 91,1 persen.

Adnan merupakan kader Milenial Partai Golkar. Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan itu lahir di Makassar, 9 Maret 1986. Pria 34 tahun itu merupakan kandidat petahana pada Pilkada Kabupaten Gowa.

Hal wajar jika Adnan kembali terpilih. Rekam jejaknya di periode pertama kepemimpinannya di Kabupaten Gowa membuat warga puas atas kinerjanya.

Pada tahun pertamanya memimpin, kepuasan masyarakat Gowa atas kepemimpinannya begitu tinggi, mencapai angka 74,9 persen.

Di sektor pembangunan fisik, Masjid Agung Syekh Yusuf yang merupakan masjid kebanggan masyarakat Gowa yang di awal pemerintahannya masih dikelola dan dimiliki yayasan jadi perhatian khususnya. Kondisinya yang mengkuatirkan, mendorongnya mencari solusi agar pemerintah bisa terlibat dalam proses renovasi. Pemkab Gowa dan yayasan sepakat, sehingga kepemilikan masjid agung itu beralih menjadi aset Pemkab Gowa.

Memasuki tahun kedua pemerintahannya (2017-2018), Adnan Purichta mulai menggenjot pembangunan fisik fasilitas publik yang lain, seperti Lapangan Syekh Yusuf dan Syech Yusuf Discovery. Adnan Purichta Ichsan melihat potensi menjadikan salah satu wilayahnya sebagai destinasi wisata nasional, yakni Malino yang berada di Kecamatan Tinggi Moncong.

Malino dengan segala pesona alam dan sejarah masa lalu sejak dulu memang adalah destinasi wisata andalan Kabupaten Gowa. Adnan Purichta melihat potensi menjadikan Malino sebagai destinasi wisata nasional, akhirnya memprogramkan event tahunan yang diberi nama “Beautiful Malino”. Event ini telah diselenggarakan selama dua tahun berturut-turut yakni tahun 2017 dan tahun 2018.

Langkah besar Pemerintah Kabupaten Gowa dibawah kepemimpinan Adnan Purichta Ichsan untuk menjadikan Malino sebagai destinasi wisata nasional ternyata juga mendapat sambutan positif dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla.

Sejak pemerintahan Ichsan Yasin Limpo sebagai Bupati Gowa, kabupaten ini memang dikenal pro atas program pembangunan sumber daya manusia. Berbagai program pendidikan yang akhirnya diadopsi daerah lain sempat lahir di Kabupaten Gowa, seperti pendidikan gratis.

Selain pendidikan gratis, Gowa juga menjadi daerah yang pertama menolak penentuan kelulusan melalui ujian nasional melalui program Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB). Ada lagi, pemberian beasiswa bagi ratusan anak kabupaten Gowa untuk kuliah melalui program Investasi Sumber Daya Manusia Seperempat Abad.

Keberpihakan Pemerintah Kabupaten Gowa atas pendidikan meyakinkan Adnan Purichta Ichsan sebagai Bupati Gowa menargetkan Gowa bisa menjadi kabupaten pendidikan pertama di Sulawesi Selatan. Apalagi, di Gowa juga sudah cukup banyak perguruan tinggi yang berdiri. Seperti Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, STPDN, kampus Teknis Universitas Hasanuddin, dan berbagai kampus lainnya.(*)