Indonesia Peringkat 1 Negara Terbaik Versi Conde Nast Amerika

oleh -385 views

JAKARTA – Sebuah penghargaan internasional kembali didapat Indonesia. Kali ini, Indonesia berada diperingkat 1 The Best Countries in the World: 2019 Readers’ Choice Awards. Penghargaan ini dikeluarkan Conde Nast Traveler, 8 November 2019, melalui situs cntraveler.com.

Conde Nast Traveler adalah media yang memiliki kantor pusat di One World Trade Center, New York, Amerika Serikat. Namun, Conde Nast juga memiliki Edisi Inggris Raya, dan berkantor di Vogue House, London.

Sedangkan pelaksanaan Readers’ Choice Awards Conde Nast Traveler tahun ini adalah yang ke-32 kalinya. Pemilihan melibatkan 600,000 registered voters. Mereka yang sudah registrasi inilah yang memilih negara favorit mereka.

Hasilnya, Indonesia menempati peringkat 1. Mengalahkan Thailand, Portugal, Srilanka, dan Afrika Selatan, yang berturut-turut ada di posisi 2 hingga 5. Sedangkan negara ASEAN lain yang masuk 10 besar adalah Filipina di peringkat 8, dan Vietnam diposisi 10. Sementara Kamboja menempati posisi 19.

Lantas, apa sih keunggulan Indonesia dibandingkan negara-negara lain? Conde Nast Traveler menyebut Indonesia berkembang sangat pesat dan menjadi destinasi baru pilihan nomadic traveler.

“Di Indonesia, wisatawan mulai mengejar modern resorts, pantai-pantai terpencil, hingga candi-candi yang menakjubkan.
Wisatawan juga menyenangi tiga pulau Gili. Pantai-pantai kecil dan bermandikan sinar matahari — di samping spa dan rumah liburan,” tulis cntraveler.com.

Daya tarik lainnya adalah Bali. Pulau Dewata sangat memikat buat traveler penggemar yoga, pecinta pesta, juga untuk penyembuhan dan melakukan aktivitas spa yang tenang dan menyenangkan.

“Tidak heran Indonesia mendapat nilai tertinggi di antara pembaca kami. Kami rasa Indonesia adalah campuran kuil kuno, selancar terkenal di dunia, dan spiritualitas,” tulis Conde Nast lagi.

Buat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusibandio, pengakuan dari Conde Nast Traveler semakin memperkuat posisi Indonesia di kalangan traveler mancanegara.

“Award ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri kita. Bahwa kita mampu bersaing dengan negara lain. Dan kita memiliki semua yang dibutuhkan oleh traveler mancanegara,” papar Wishnutama.

Mantan bos NET TV ini dengan tegas mengatakan jika penghargaan dari Conde Nast Traveler sekaligus mematahkan artikel di situs Fodors yang menyebut Bali dan Labuan Bajo masuk dalam no list.

“Kami juga sangat tidak setuju dengan artikel yang dikeluarkan Fodors. Bagaimana mungkin Bali masuk dalam kategori no list. Menurut kami itu hanya cari sensasi saja. Ya, salah satu buktinya Conde Nast yang menjadi acuan para traveler saja menjadikan Bali sebagai salah satu destinasi untuk dikunjungi. Dan Bali juga membuat Indonesia menjadi The Best Countries in the World,” tuturnya.

Justru, Wishnutama menilai award dari Conde Nast Traveler akan membuat pariwisata Indonesia semakin melejit. Termasuk juga Bali dan Labuan Bajo.

“Yang menjadikan Indonesia terbaik adalah traveler. Dan penghargaan ini akan membuat Indonesia semakin melejit. Dan membuat banyak traveler lain penasaran. Kita berharap tingkat kunjungan traveler mancanegara semakin meningkat,” kata Wishnutama lagi.(*)