Mandalika Racing Team Siap Harumkan Nama Indonesia di MotoGP 2021

oleh -37 views

LOMBOK – Tim asal Indonesia siap berlaga di ajang balap motor dunia, MotoGP 2021. Apalagi, Indonesia sendiri akan menjadi tuan rumah pada event akbar yang menyedot perhatian pecinta balap motor dunia itu. Adalah Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dipersiapkan pemerintah untuk helatan akbar tersebut. 

Tak hanya sirkuit, rupanya Indonesia telah memiliki tim untuk berlaga di semua tingkatan event MotoGP. Adalah Mandalika Racing Team yang berinisiatif terjun ke ajang balap motor dunia itu. “Bukan sebagai sponsor loh, ya. Kami menyiapkan tim dan kita akan berlaga di MotoGP 2021 satu putaran penuh,” kata Direktur Mandalika Racing Team, Kemalsyah Nasution saat menjadi narasumber pada bincang santai Famtrip Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf) di Rumah Langko, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (7/12/2020).

Kemal, sapaan karibnya, bukan orang baru di dunia balap dunia. Saat Formula 1 dihelat di Sepang, Malaysia, Kemal adalah sosok yang mempromosikan event tersebut di Indonesia. Ia juga memiliki relasi yang kuat dengan pelaku MotoGP. “Tahun 2002 saya diminta CEO Sepang Datuk Ahmad Mustafa untuk mempromosikan Formula 1 di Indonesia. Saya pelajari betul seluk-beluknya. Saya juga punya banyak relasi di MotoGP. Nah saat ini kita punya jadi tuan rumah MotoGP tapi kita belum punya tim balap,” ujarnya. 

Dari situ ia tergerak untuk membentuk tim balap untuk berlaga di MotoGP. Apalagi Indonesia menjadi tuan rumah. “Malaysia baru punya pebalap setelah enam tahun sirkuit ada. Kita tidak mau begitu. Kita upayakan terbentuk dan punya pebalap sendiri,” tuturnya.

Jalan terbuka lebar. Kolaborasi dengan manajemen yang telah eksis di MotoGP dilakukan. “Kita kolaborasi dengan tim yang sudah ada. Namanya jadi Pertamina Mandalika SAG Team. Kita kerja sma dengan tim Spanyol selama satu musim. Kita sudah kirim tiga nama (pebalap),” tutur Kemal.

Direktur Komersial Irawan Sucahyono menambahkan, bukan tanpa alasan nama Mandalika disematkan. Katanya, perusahaan ingin ikut andil mempromosikam Sirkuit Mandalika untuk helatan MotoGP 2021. 

“Nama Mandalika kita ingin dukung program pemerintah. (Sirkuit) Mandalika proyek pemerintah dan ini inisiasi kami untuk membantu membesarkan patiwisata Lombok ini. Kami siap bantu program dan promosi,” katanya. 

Koordinator Pemasaran Regional 1 Area 1 Kemenparekraf/Baparekraf, Taufik Nurhidayat menuturkan, pembangunan sirkuit Mandalika tengah dikebut untuk proses penyelesaian. Ia mendukung penuh langkah Mandalika Racing Tim mempromosikan Indonesia, khususnya Mandalika dalam helatan MotoGP. “Tentu kami amat gembira nama Mandalika dan Indonesia akan berkibar di MotoGP. Kita optimistis keterlibatan perwakilan Indonesia di ajang dunia itu akan membawa dampak signifikan pada kemajuan pariwisata Indonesia, khususnya Lombok yang akan menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun depan,” ujarnya.

Taufik melanjutkan, MotoGP 2021 yang akan digelar di Mandalika tak hanya berdampak pada olahraga yang memacu adrenaline itu saja, tetapi juga kepada pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya perekonomian masyarakat. “MotoGP ini akan memberikan imbas positif bagi perkembangan dan kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif di Lombok, khususnya pergerakan roda ekonomi masyarakat,” ujarnya.(*)